Vigonews

Tentang Kami


VIGONEWS.COM
“Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan”

Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal diangkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang tak terjangkau.

Vigonews.com dirintis oleh jurnalis senior asal Ngada, Emanuel Djomba yang sempat tinggal di  di Pulau Dewata, Bali. Di Denpasar – Bali, Emanuel Djomba sempat bergabung dengan sejumlah media, termasuk mendirikan media sendiri. Kembali ke tanah kelahiran tahun 2009, selain mengajar jurnalistik pada sebuah perguruan tinggi di Ngada – Flores, Emanuel Djomba juga merintis terbitnya media cetak lokal dengan nama Media CERMAT sejak Agustus 2013. Namun sejak Maret 2018, koran lokal dengan konten KMS (Koran Masuk Sekolah) yang terbit dua mingguan itu mengalami transformasi menjadi Majalah Pendidikan dan Literasi CERMAT, sekaligus menguatkan gerakan memajukan pendidikan dan literasi di daerahnya. Tak hanya itu, sejak tahun 2014, Emanuel Djomba menggagas terbitnya media online dengan konten lokal pula. Media ini sekaligus mendukung Gerakan Literasi di tanah Ngada yang dikampanyekannya sejak tahun 2013. Gerakannya dengan sejumlah media itu dipayungi sebuah lembaga dengan nama RUMAH LITERASI CERMAT (RLC) Ngada. Consern dengan konten lokal dan gerakan literasi daerah, Emanuel mengedepankan tagline – ‘Menulis yang Terlupakan’.

VIGO adalah nama lokal  – mengacu pada legenda salah satu komunitas masyarakat adat lokal – Nginamanu Selapu Lika. Suatu masa, demikian cerita  masyarakat setempat; manusia hidup bahagia dan sejahtera. Kesejahteraan itu digambarkan dengan sejenis pohon yang menghasilkan buah ‘emas’. Karena keserakahan manusia pada materi berlebihan, pohon yang konon digambarkan sebagai pohon kehidupan itu pun ditebang – hingga harta kekayaan jatuh jauh ke negeri seberang bersama tumbangnya pohon kehidupan. Sejak saat itu manusia jatuh miskin dan banyak mengalami kesulitan.

Pemberian nama (vigo) ini menjadi spirit perjuangan guna mendatangkan kebaikan bagi kehidupan yang dirusak – baik berkaitan dengan masalah kemanusiaan maupun masalah lingkungan hidup yang terus merosot. Kehidupan masyarakat lokal pun tak kalah tergerus, dimana arus globalisasi yang diterima tak disertai semangat literasi justru merusak tatanan dan nilai kearifan lokal. Di aras ini media perlu memperjuangkan hal esensi yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan.

Dewan Redaksi Vigonews.com
Penanggung jawab
Pemimpin Redaksi   : Emanuel Djomba
Staf Redaksi            : Yohanes Don Bosco Ponong, Agustinus Lando
Penerbit                   : Lembaga RUMAH LITERASI CERMAT (RLC)
Email: [email protected]
Kontak Admin          : 081 337 804 904
Watshapp                 : 082 247 584 478