Vigonews

PAN Ngada Serahkan Bantuan APD untuk Penanganan Covid 19



Ketua DPD PAN Ngada yang juga Calon Bupati Paket Credo Kristoforus Loko menyerahkan bantuan APD untuk penanganan covid 19  kepada Kepala Puskesmas Surisina, Damianus Wae -- 

BAJAWA - Kepala Puskesmas (Kaspus) Surisina, Damianus Wae, tak kuasa menyembunyikan rasa harunya saat  menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan Covid 19 dari  Ketua Partai  Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ngada, Kristo Loko,  Senin (27/04/2020) di Surisina.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak...” Suara Damianus terjeda, sejenak. “Intinya terima kasih banyak,” ucap Damianus terbata, sembari mengusap matanya yang sembap. Damianus terharu ketika menerima bantuan APD yang diserahkan Kristo Loko, yang juga Calon Bupati Ngada dari Paket CREDO itu.

Bagi Damianus, bantuan APD memang dinanti-nanti dalam penanganan covid 19.  Ini bisa  menghapus  rasa cemas dan kegalauan para petugas medis. “Setiap kali penanganan, para petugas medis selalu waswas. Apakah yang ditangani benar-benar  bebas dari paparan virus corona. Kita juga tidak tau. Nah, itu yang membuat  paramedis  cemas,” katanya.
 
Petugas kesehatan di Puskesmas Surisina demo mengenakan APD
Kecemasan itu juga berkaca pada daerah lain, dimana tidak sedikit petugas kesehatan yang malah jadi korban paparan covid 19. Padahal  mereka punya fasilitas lebih baik. Nah kalau kita hanya dibekali masker untuk tangani covid 19, memang sangat beresiko. Apalagi, sampai saat ini pesanan APD pemda belum tiba.

“Hanya mengenakan masker tentu sangat jauh dari standar penanganan covid 19. Kalau sudah begini, siapa yang bisa menjamin? Kami juga harus bisa jaga diri, karena kami punya keluarga,” kata seorang petugas medis yang tak mau namanya disebut.

Bantuan yang diserahkan Kristo Loko berupa tiga set APD itu dari total 70 set juga dibagikan ke sejumlah puskesmas, paling tidak sedikit memberi kelegaan kepada paramedis di Puskesmas Surisina dalam melaksanakan tugas selama penanganan covid 19 hari-hari ini.  Damianus memberi apresiasi kepada Ketua PAN Ngada Kristo Loko yang  mencermati situasi saat ini  dengan menjawab persoalan paramedis terkait kebutuhan APD.

Pada hari yang sama, Kristo juga menyerahkan bantuan tiga  set APD di Puskesmas Kota. Beberapa petugas medis di dua puskesmas radius kota ini sekaligus melakukan demo mengenakan APD yang diserahkan Kristo.
 
Penyerahan APD di UPTD Puskesmas Kota
Kepala UPTD Puskesmas Kota, Vinsensius Toda memberi apresiasi kepada PAN Ngada melalui Ketuanya Kristo Loko, yang ikut prihatin atas situasi saat ini. Di tengah penanganan covid 19, kata Vinsensius, kelengkapan APD standar menjadi  sarana yang sangat didambakan para medis. APD adalah kebutuhan paramedis dalam melindungi diri sehingga bisa tangani pasien secara  baik.

“Kami banyak kesulitan karena belum ada APD.  Takut juga dalam menangani  pasien yang datang. Kita tidak tau yang datang ini bebas corona atau sebaliknya. Karena itu sangat perlu peralatan APD seperti ini sehingga bisa melindungi diri,” jelas Vinsensius.

Usai menyerahkan bantuan APD di dua puskesmas itu, Calon Bupati Ngada dari Paket CREDO ini berharap bantuan kecil  tersebut dapat  bermanfaat bagi para petugas medis dalam melaksanakan pelayanannya selama wabah covid  ini. “Kami lihat di  pusat pelayanan kesehatan masih mengalami  kendala ketersediaan APD. Jadi kita perlu berpartisipasi dengan membantu beberapa APD yang kita punya,” katanya.

Bantuan  APD  ini, kata Kristo, mengingat para petugas kesehatan yang berada di garis depan dinilai rentan, kalau kita lihat pengalaman di daerah lain yang tidak sedikit terpapar virus corona. “Sehingga kita  perlu langkah cepat, dan memutuskan mengantar langsung bantuan APD ini ke puskemas-puskesmas yang ada. Paling tidak sarana seperti ini dapat dimanfaatkan secepatnya,” jelas Kristo.
 
Petugas kesehatan di UPTD Puskesmas Kota demo mengenakan APD
Bantuan APD  dikatakan Kristo diserahkan ke seluruh puskesmas yang ada di kabupaten Ngada. Sebanyak 70 set APD didistribusi ke seluruh pusat pelayanan kesehatan secara proporsional, guna secepatnya membantu petugas medis dalam menunjang penanganan covid 19. Beberapa puskesmas seperti Bajawa dan Waepana, Soa mendapat masing-masing tiga set APD. Ada yang empat set, namun ada juga yang dua set.

Bantuan ini tentu tidak menyelesaikan masalah, tetapi paling tidak  ikut ambil bagian dalam mengatasi masalah  penanganan covid 19. Pihaknya juga akan  terus cari peluang untuk mendapatkan sarana APD guna menunjang kerja paramedis. Semakin banyak yang berpartisipasi tentu akan lebih baik.

Pada penyerahan bantuan APD selama tiga hari, Ketua PAN Ngada Kristo Loko didampingi  anggota DPRD dari Fraksi PAN, Yohanes Donbosko Ponong. (ch)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :