Vigonews

SMPS St. Agustinus Langa di Bajawa Ikut Motivasi Menulis



BAJAWA – Rangkaian motivasi dan penguatan kepada ibu-ibu migran ‘Ine Jao’ di Langa yang digelar sejak Januari lalu, berlanjut dengan kegiatan literasi dan motivasi menulis gagasan secara sederhana, Senin (16/03/2020) yang berlangsung di Cafe ‘Diskusi Kopi Isi Langa’, kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Motivasi untuk memberi penguatan kepada ibu migran itu didukung Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melalui program Citradaya Nita, yang berkolaborasi dengan sejumlah komunitas lokal seperti: Kelas Inspirasi Bajawa, Komisi Migran dan Perantau Paroki Langa, Orang Muda katolik (OMK) Paroki Langa, Langa Trecking Community (LTC) Asosiasi Wartawan Ngada (Aswan), Forum Ekraf Ngada.

Baca juga:
Ibu Migran ‘Ine Jao’ Terinspirasi Setelah Mendapat Motivasi & Pendampingan Psikologi

Untuk diketahui, motivasi dan penguatan komunitas perempuan yang ditinggal kerja para suami di luar daerah, bahkan ke luar negeri itu sudah diawali dengan sosialisasi dan pembentukan komunitas pada awal tahun ini. Sementara pada kegiatan kedua, di akhir Januari komunitas ini mendapat penguatan dengan materi kesetaraan gender dan pendampingan psikologi, hingga rangkaian kegiatan ketiga dimana peserta diberi pendampingan tentang bermedia sosial secara bijak dengan latihan menulis gagasan sederhana.
 
Emanuel Djomba saat beri motivasi menulis kepada siswa SMPA Langa
Melalui kegiatan ini peserta mendapat pemahaman tentang bagaimana menggunakan media sosial secara bijak. Selanjutnya dapat menyampaikan pesan secara utuh dan mudah dipahami guna menghindari dampak negatif seperti gosip dan tindakan yang bisa beresiko hukum dan tentu saja tidak produktif dalam keluarga juga secara sosial.

Kegiatan motivasi menulis gagasan sederhana itu melibatkan sebagian besar peserta siswa dari SMPS St. Agustinus Langa, yang didampingi guru, ibu migran, dan sejumlah orang muda Katolik (OMK). Para peserta mendapat pemahaman yang jelas tentang etika berkomunikasi baik lisan maupun tertulis  – melalui media sosial.

Dibuka koordinator kegiatan Merlyn Idju Lalu, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Rumah Literasi Cermat Ngada yang juga Ketua Asosiasi Watawan Ngada (Aswan) Emanuel Djomba.
 
Siswa SMPA Langa sedang latihan menulis
Pada sesi motivasi, Emanuel mengatakan menulis merupakan salah satu bentuk komunikasi tertulis yang bertujuan agar pesan dari pengirim (komunikator) dapat dimengerti oleh penerima pesan (komunikan), sehingga komunikasi memiliki manfaat yang positif.

“Waktu kita berinteraksi dengan orang lain secara lisan atau tertulis melalui media sosial, misalnya, sebenarnya kita sedang mengirim pesan. Jadi pesan itu harus utuh sehingga dapat dimengerti oleh khalayak sehingga menciptakan relasi yang baik,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Emanuel juga mengajak peserta yang sebagian besar siswa itu mengintip dinding facebook masing-masing; pesan apa yang ditulis disana? Kebanyakan pesan (berita/informasi) yang disampaikan oleh komunikator belum utuh sehingga bisa memunculkan tafsiran keliru.

Terkait dengan pemanfaatan media sosial yang kini ‘membanjir’ itu, Emanuel mengajak peserta agar menggunakannya secara bijak. Media sesial seperti facebook adalah ruang publik yang dapat diakses oleh siapapun. “Pesan apapun yang kita kirim meski dari kamar tidur kita – apakah itu baik atau mengandung resiko hukum -  juga masuk ke kamar tidur orang lain,” papar Emanuel.
 
Peserta motivasi menulis 
Pada kesempatan itu Emanuel membimbing peserta, bagaimana menulis gagasan/pesan/berita/informasi yang utuh sehingga terhindar dari distorsi informasi di ruang publik. Untuk tujuan itu, peserta diajak untuk menulis dengan teknik jurnalistik yang menggunakan rumusan 5W 1H menurut teori komunikasi Dennis McQuail. Dengan rumusan ini, setidaknya informasi yang disampaikan sudah dikatakan lengkap. “Jadi, salam jurnalistik, komunikasi dikatakan efektif,  jika pesan yang dikirim jika dirumuskan secara lengkap,”.

Pada kesempatan itu, Koordinator kegiatan Merlyn Idju Lalu, juga mengingatkan peserta agar  dapat menggunakan media sosial secara bijak setelah mengikuti motivasi dan latihan menulis gagasan sederhana.

Dikatakan motivasi menulis merupakan kegiatan keempat dari rangkaian kegiatan motivasi dan penguatan ibu-ibu mogran yang berlangsung sejak Januari lalu yang didukung PPMN melalui program Citradaya Nita dari Jakarta. Kegiatan selanjutnya, kata Merlyn akan dilanjutkan dengan dialog interaktif di radio tentang pemahaman gender yang melibatkan para pemangku kepentingan. (Rn)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :