Vigonews

Wujudkan Pesan Natal 2019, Siswa SDK Tanawolo Gelar Aksi Tanam Pohon



KURUBHOKO - Konkretkan pesan Natal 2019, para siswa SDK Tanawolo di Paroki Kurubhoko, Kevikepan Bajawa, Keuskupan Agung Ende gelar aksi tanam pohon.

Aksi tanam pohon di lingkungan sekolah  itu digelar jelang Natal 2019. Kegiatan ini sekaligus sebagai aksi nyata kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional September 2019 lalu, dimana kepada pemenang dan semua siswa peserta mendapat hadiah berupa anakan pohon, baik pohon buah-buahan (rambutan) maupun pohon aromatik (Cendana).

Kegiatan semacam literasi  ekologi ini berlangsung Kamis (19/12/2019) dihadiri Pastor paroki Kurubhoko P.Thobias Harman, OFM, Ketua Yayasan Puge Figo Emanuel Djomba dan staf, Kepala SDK Tanawolo beserta para guru di sekolah ini.

Sebelum aksi penanaman, Ketua Yauasan Puge Figo yang bergerak dalam bidang lingkungan, Emanuel Djomba, menjelaskan manfaat pohon dalam pelestarian lingkungan dan teknik penanaman pohon sebagai bagian dari edukasi kepada siswa, kemudian dilanjutkan dengan aksi penanaman. Para siswa membawa anakan pohon, jeringen air untuk menyiram dan bilah bambu untuk pelindung. Anakan pohon ditanam ditempat yang sudah disiapkan dengan pupuk kandang (kompos).

Aksi eco literasi ini selanjutnya juga sebagai awal kerja sama antara SDK Tanawolo, Komunitas OFM Kurubhoko dengan Yayasan Puge Figo mengembangkan lingkungan sekolah berwawasan ekologi mulai tahun 2020. “Jadi SDK Tanawolo akan dijadikan sebagai sekolah contoh berbasis ekologi,” kata Emanuel dari Yayasan Puge Figo.
 
Membangun kesadaran ekologi dengan mencintai ciptaan Tuhan - alam/lingkungan
Kepala Sekolah SDK Tanawolo Yakobus Lingge menyambut baik dan memberi apresiasi kepada pihak Yayasan Puge Figo dan Komunitas OFM Kurubhoko yang menaruh minat sangat besar pada masalah lingkungan. Sekolah menurut dia harus menjadi tempat semai benih SDM unggul melalui penanaman nilai termasuk dalam bidang ekologi.

Pater Thobias Harman, OFM mengatakan kegiatan ini sebagai wahana dalam membangun kesadaran berekologi kepada anak-anak, sehingga nantinya mereka akan lebih peka terhadap masalah-masalah lingkungan. 

Dalam berbagai kesempatan, Pater Thobias juga tak jemu-jemu memberi edukasi bahwa alam adalah bagian dari ciptaan Tuhan seperti halnya manusia, karenanya manusia harus hidup selaras alam. Manusia tak bisa hidup tanpa alam, dan persahabatan dengan alam sebagai bagian dari ciptaan adalah persahabatan dengan Sang Pencipta itu sendiri.

Pesan Natal Ekologi

Komunitas sekolah ini melakukan aksi tanam pohon di lingkungan sekolah juga sebagai aksi nyata menjawab pesan Natal di Paroki Kurubhoko, yakni: "Menjadi saudara bagi segenap ciptaan." 

Tema ini merupakan sebuah refleksi dari tema Natal Nasional 2019: "Hidup sebagai sahabat bagi semua orang," dalam konteks lokal paroki Kurubhoko.
 
Mencintai pohon (lingkungan) sebagai bagian dari sesama ciptaan
Pastor Paroki Kurubhoko, RP. Thobias Harman, OFM di sela-sela aksi penanaman pohon di lingkungan SDK Tanawolo, Kamis (19/12/2019) lalu mengatakan bahwa sahabat bukan hanya manusia tetapi juga ciptaan lainnya - seperti lingkungan alam.

Pada pesan Natalnya, Pater Thobias mengatakan, kerusakan alam menjadi isu global di mana bumi sebagai rumah bersama memgalami kerusakan akibat perilaku manusia. Secara nasional isu pembalakan dan kebakaran secara liar dan perusakan lainnya juga telah menyumbang kerusakan terbesar bumi.

Semangat persaudaraan dengan sahabat kita alam/lingkungan di tingkat lokal - sekitar kita juga masih menjadi momok, dimana perbuatan membakar hutan, merusak alam dan membuang sampah sembarangan masih dianggap perbuatan biasa saja. Manusia lupa bahwa merusak ciptaan adalah dosa melawan Sang Pencipta.

Terkait dengan itu, maka Natal harus menjadi peristiwa pencerahan untuk mengubah sikap hidup serakah dan permusuhan terhadap alam yang menyebabkan alam kian sekarat. Itu sebabnya mulai saat ini harus terus membangun kepekaan hidup dan kepedulian pada alam sebagai rumah bersama. 
 
Aksi tanam pohon siswa SDK Tanawolo
"Kalau kita adalah ciptaam sama dengan alam, maka kita harus menjadi saudara juga bagi ciptaan alam dan lingkungan seperti Kristus yang solider datang menjumpai segenap ciptaannya dalam peristiwa Natal di kandang," papar Thobias.***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :