Vigonews

Forum TBM Ngada Siap Bantu Masyarakat Berliterasi!




BAJAWA – Pengurus Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (PD-FTBM) Kabupaten Ngada terbentuk dan dilantik secara resmi, Senin (16/12/2019) di Sekretariat PKBM Bravostart, Mataloko. PD-FTBM Kabupaten Ngada dilantik oleh Ketua Umum PW-FTBM Provinsi NTT Polikarpus Do.

Kehadiran wadah pengelola taman bacaan masyarakat ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan literasi dalam berbagai aspek di Kabupaten Ngada. Setidaknya representase harapan itu ditunjukkan dengan perhatian dan kehadiran sejumlah pejabat daerah.

Beberapa bulan sebelumnya, PD-FTBM sempat beraudensi dengan Bupati Ngada Paulus Soliwoa. Pada saat audensi di ruang kerjanya, Bupati Soliwoa menyambut hangat dan memberi apresiasi atas pembentukan pengurus forum yang akan dilanjutkan dengan penetapan dan pelantikan oleh PD-FTBM Provinsi NTT. Pada saat itu, Bupati Soliwoa yang menerima Benediktus Lagho dan Emanuel Djomba dari PD-FTBM Kabupaten Ngada memberi lampu hijau untuk digelarnya Festival Literasi di Kabupaten Ngada pada tahun 2020.

Pembentukan dan pelantikan PD-FTBM ini juga disambut hangat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada Vinsensius Milo, Kepala Dinas Kearsipan & Perpustakaan Naru Maria Florida, Camat Golewa  Kanisius Logo dan sejumlah pegiat Literasi dari Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Pelantikan PD-FTBM Kabupaten Ngada oleh Ketua Umum PW-FTBM Provinsi NTT  Polikarpus Do, ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji, penanda tanganan berita acara, dan pengenaan rompi SAHABAT LITERASI kepada Kadis Pendidikan Vinsensius Milo, Kadis Kearsipan Ida Naru, dan Camat Golewa Kanisius Logo, sebagai simbol dukungan terhadap perkembangan literasi di Kabupaten Ngada. Hadir pula pada saat pelantikan warga belajar PKBM Bravostart, para mentor dan tutor lembaga pendidikan formal tersebut.
 
Ketua Umum PD-FTBM Kabupaten Ngada Benediktus Lagho menadatangani berita acara pelantikan pengurus periode 2019 - 2023
Bantu Masyarakat

Dalam sambutannya, Ketua Umum PW-FTBM Provinsi NTT, Polikarpus Do menegaskan, bahwa pengurus yang baru dilantik memikul tanggung jawab tidak kecil untuk terus berjuang menuju masyarakat yang literat. “Tanggung jawb kita tidak ringan. Kita harus terus beraksi untuk membantu masyarakat dalam berliterasi. Karena itu FTBM Ngada harus giat bantu masyarakat berliterasi,” tegas Polikarpus.

Dikatakan Polikarpus, Indonesia harus menjadi negara literat menuju negara yang maju. Gerakan itu harus dimulai dari akar rumput. Karena itu memerlukan  peran aktif semua elemen, baik para pegiat literasi, pemerintah maupun swasta.

“Mari kita sama-sama menggerakkan habit berliterasi. Gerakan bersama dengan menjadi kreator literasi, dan bukan hanya seremonial semata. Kita terus dorong bersama para pegiat literasi yang hari-hari ini sudah bergerak di berbagai tempat dengan caranya masing-masing,” bebernya.

Menurut dia, generasi emas yang dicita-citakan bisa dicapai kalau sejak sekarang terus bicara dan bergerak dengan literasi. Literasi, kata Polikarpus sebagai jalan mengatasi berbagai persoalan, khususnya kesenjangan ekonomi, jangan sampai kesenjangan juga dalam pengetahuan. Untuk meretas persoalan tersebut maka pintunya adalah literasi sehingga bisa segera keluar dari kemiskinan.
 
Siap dukung dan gemakan literasi di kabupaten Ngada (dari krii: Camat Golewa Kanisius Logo, Kadis Pendidikan Ngada Vinsensius Milo, Kadis Kearsipan Naru Maria Florida, Ketua Umum PW-FTBM Provinsi NTT Polikarpus Do dan Ketua Umum PD-FTBM Kabupaten Ngada Benediktus Lagho.
Dari Keluarga

Dia berharap, agar literasi didorong mulai dari dalam keluarga. Tumbuhkan kultur berliterasi mulai dari ayah dan ibu kepada anak-anak. Kemudian dilanjutkan dengan literasi sekolah. Jangan sampai perpustakaan di sekolah jadi gudang buku saja. Karena saat ini bannyak sekolah belum menjadikan perpustakaan sebagai taman literasi. Selain itu, proses pembelajaran di sekolah juga harus berbasis literasi, dan membentuk satgas literasi di setiap satuan pendidikan.

Selain di keluarga dan sekolah, perlu terus digalang gerakan literasi masyarakat, yang menyasar masyarakat luas, khususnya di desa-desa. Misalnya, lanjut Polikarpus, bagaimana menjadi petani yang literat – dimana mereka tidak sekedar menanam, tetapi tau bagaimana bertani yang baik, mengetahui pasar dari produksi pertanian mereka, dan tau terobosan hingga mencapai kesejahteraan.

Sementara Ketua Umum PD-FTBM Kabupaten Ngada Benediktus Lagho pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada PD-FTBM Provinsi NTT yang telah memberi perhatian hingga terbentuk dan dilantiknya PD-FTBM Kabupaten Ngada.

Dikatakan Benediktus, guna menindaklanjuti pembentukan pengurus forum di tingkat kabupaten Ngada, pihaknya akan melakukan rapat kerja pengurus guna mendisain program kerja para pengurus periode kepimpimpinannya 2019 – 2023.

Meski begitu Benediktus menginformasikan, pihaknya sudah menjajaki enam titik untuk mengembangkan taman bacaan masyarakat yang baru. Selain itu, melakukan komunikasi dan kerja sama dengan berbagai jejeraing taman baca serta para pegiat literasi dalam memajukan literasi di Kabupaten Ngada.
 
Salam literasi Ketua Umum PW-FTBM Provinsi NTT Polikarpus Do usai mengenakan rompi SAHABAT LITERASI kepada Kadis Pendidikan Kabupaten Ngada Vinsensius Milo didampingi Ketua Umum PD-FTBM Kabupaten Ngada Benediktus Lagho (Kanan).
Pengurus

Ketua Umum PD-FTBM  Kabupaten Ngada dijabat Benedektus Lagho, Wakil Ketua Emanuel Djomba, Sekretaris Petrus Lado, Wakil Sekretaris Damianus Deru dan Bendahara Vinsensia Wele. Pengurus dilengkapi Bidang  Organisasi: Sebastianus Rawe, Maria Y.M Sada, Hana Dahlia, dan Othmarianus Demu;  Bidang Litbang:  Kornelius Siprianus Kaju, Dionisius Padha, Yustina Ia, dan Ethropia Mopa; dan Bidang Informasi/Komunikasi: Petrus Paju, Ade Putra Moses, Redemtus A. Jogo Lau, dan Heribertus Lami.

Pelindung: Bupati Ngada, Wakil Bupati Ngada, dan Ketua DPRD Ngada.
Dewan pembina Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kearsipan & Perpustakaan Kabupaten Ngada. (ed)***
Para pegiat Literasi Literasi dari FTBM Ngada bersama Ketua Umum PW-FTBM Provinsi NTT Polikarpus Do (kedua dari kiri)


Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :