Vigonews

SMAN 1 Bajawa Juara Lomba Poster ‘Stop Kekerasan Terhadap Anak’


Poster SMAN 1 Bajawa meraih juara pertama dalam lomba poster dan orasi poster Hari Anak Nasional 2019 tingkat Kabupaten Ngada -- 

BAJAWA – SMAN 1 Bajawa keluar sebagai juara pertama lomba poster dan orasi poster dengan tema ‘Stop Kekerasan Terhadap Anak’. Lomba dan orasi poster tingkat SMA/SMK itu dalam rangka meriahkan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 tingkat kabupaten Ngada, yang diselenggarakan, Jumat (09/08/2019) di Bajawa.

Kegiatan HAN 2019 itu dihadiri Bupati Ngada Paulus Soliwoa, Ny. Kurniaty Soliwoa, Forkompimda, jajaran SKPD, para guru, berbagai elemen masyarakat dan sekitar 1000 orang anak dari kecamatan Bajawa, Golewa Selatan, Bajawa Utara dan Riung Barat.

Duta dari SMAN 1 Bajawa membuat poster yang menunjukkan mulut seorang anak disekap, dengan tulisan ‘kekerasan terhadap anak.’ Mereka menyoroti kasus kekerasan terhadap anak yang terus terjadi dan menunjukkan trend meningkat. Menurut duta siswa SMAN 1 Bajawa, banyak anak masih disekap, menunjukkan dalam kasus kekerasan anak selalu menjadi korban yang tidak berdaya.
 
Duta siswa SMAN 1 Bajawa menyampaikan orasi poster di hadapan bupati dan hadirin di ajang HAN 2019.
Selain itu, dari poster itu dijelaskan, mulut anak masih terus disekap yang menunjukkan bahwa kasus kekerasan semakin banyak dan sangat sedikit yang bisa muncul ke permukaan, dilaporkan ke pihak berwajib untuk diselesaikan secara hukum. Sebaliknya banyak kasus yang tidak muncul ke permukaan, seperti fenomena gunung es. Baik karena alasan budaya dan menjaga nama baik maupun karena takut melaporkan.

Kasus kekerasan terhadap anak disoroti oleh anak-anak yang pada kegiatan longmarch HAN 2019 membawa poster berbagai ukuran turun ke jalan. Poster-poster tersebut kemudian dipresentasekan  di hadapan bupati, Forkompimda, SKPD dan hadirin serta ribuan anak dari banyak sekolah.

Dalam rangka hari anak, poster dan orasi poster kemudian dilombakan. Berikut ini sekolah-sekolah yang meraih juara pada ajang lomba poster menurut tingkatan sekolah.
Tingkat SD: juara pertama diraih oleh SDK Regina Pacis, juara kedua SDK Tanalodu dan juara ketiga SDI Lebijaga. Tingkat SMP: juara pertama diraih SMPN 2 Bajawa, juara kedua dimenangkan SMPN 2 Riung Barat, dan juara ketiga SMPN 3 Kisaraghe. Tingkat SMA/SMK: juara pertama diraih SMAN 1 Bajawa, juara kedua dimenangkan SMAN 2 Bajawa, dan juara ketiga diraih SMK Sanjaya Bajawa.
 
Duta siswa SMAN 2 Bajawa meraih juara II lomba dan orasi poster
Yoris salah seorang siswa SMPN 2 Riung Barat mengaku sangat gembira bisa meraih juara dua dalam lomba paster dalam rangka meriahkan hari anak tahun 2019. “Kami menyampaikan terima kasih kepada Wahana Visi Indonesia (WVI) PMD P3A, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan perempuan dan Anak (P2TP2A), para sponsor dari Bank NTT dan BRI dan semua pihak yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini,” ucapnya. (ed)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :