Vigonews

Ini Kegiatan - Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju - di Kecamatan Wolomeze



WOLOMEZE - Dalam rangka mengusung tema HUT Kemerdekaan RI ke-74  ‘SDM Unggul  Indonesia  Maju,'  Kecamatan Wolomeze gelar sejumlah kegiatan dan lomba.

Setiap tahun biasanya rutin dengan pertandingan sepak bola fan bola voli. Tapi dalam HUT RI kali ini masih diwarnai berbagai kegiatan dan lomba sebagai implementasi dari tema umum 'SDM unggul Indonesia Maju.'

Berbagai kegiatan dan lomba antara lain lomba kuliner berbahan pangan lokal dalam rangka mencegah stunting, pameran stan pangan lokal dan ekonomi kreatif berbasis lokal desa, sosialisasi 'Pola Pengasuhan dan Dampak Kekerasan pada Anak, kelas inspirasi menganyam produk kerajinan berbasis bambu, lomba senam Lansia dan lomba pidato mengangkat isu stunting.

Camat Wolomeze Kasmin Belo, di sela-sela lomba kuliner pangan lokal, Kamis (15/08/2019) mengatakan kegiatan sosialisasi, pameran dan lomba yang digelar di luar pertandingan olahraga yang sudah rutin ini sebagai strategi menjawabi berbagai masalah dan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.
 
Lomba pangan lokal dalam mencegah stunting di masyarakat lokal
Menurut Kasmin, kegiatan sosialisasi pola pengasuhan dan dampak kekerasan terhadap anak adalah langkah dalam memberi pemahaman kepada masyarakat karena pola asuh yang salah menyebabkan sering terjadinya kekerasan terhadap anak.
Ada lomba senam lansia yang  berupaya mendorong dan menjamin kualitas hidup bagi masyarakat yang memasuki usia lanjut.

Lomba kuliner berbasis pangan lokal menjadi kegiatan yang dilombakan dan sebagai upaya memberi pemahaman kepada masyarakat akan manfaat pangan lokal dan bernilai gisi bagi kesehatan. Asupan gisi seimbang dari pangan lokal diharapkan akan mampu mencegah terjadinya stunting. Kegiatan diwarnai pembukaan stan-stand pangan lokal yang digawangi para tim PKK dari masing-masing desa.
 
Lomba senam lansia menciptakan kualitas manusia usia lanjut
Ada kegiatan kelas inspirasi bagi siswa SMP se kecanatan Wolomeze dengan memilih kerajinan anyaman bambu yang dapat menginspirasi siswa dalam mengimplementasi isu besar di antaranya isu pemberdayaan ekonomi, pemajuan kebudayaan, isu gender, dan isu ekologi. Bahan baku anyaman yaitu bambu mendatangkan nilai ekonomis, karenanya bambu dilestarikan  dan alam tidak boleh dirusak dan hutan tidak boleh dibakar. 

Dari sisi gender, memberi ruang kepada para ibu yang memiliki ketrampilan anyam sehingga meraih keuntungan ekonomi yang dapat menempatkan mereka sekajar dengan kaum laki-laki. Produk anyaman juga menjadi produk budaya yang merupakan hasil karya, cipta, rasa masyarakat yang harus dileatari dalam mendukung seni dan tradisi budaya.
 
Kelas inspirasi menganyam untuk menumbuhkan ekonomi kreatif bagi siswa sekolah
Terkait dengan membangun pemahaman masyarakat tentang stunting, diadakan lomba pidato yang mengangkat topik mencegah stunting melalui gerakan PKK. Lomba ini diikuti peserta utusan TP PKK dari desa-desa.Perangkat desa mengikuti lomba cerdas cermat.

Berbagai kegiatan dan lomba ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman akan nilai demi mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju sebagaimana tema  HUT RI kali ini. Sejumlah kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 10  dan berakhir pada 17 Agustus pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 74.(ed)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :