Vigonews

Hari Anak Nasional, Siswa SMPN 2 Riung Barat Kritik Lewat Pantun



Yoris dan Cindy berpantun pada Hari Anak Nasional -- 

BAJAWA – Di antara seribu anak Ngada yang meriahkan Hari Anak Nasional (HAN), Jumat (09/08/2019) lalu, belasan diantaranya adalah siswa SMPN 2 Riung Barat. Tampilan anak-anak dari sekolah yang letaknya tak jauh dari perbatasan Ngada – Manggarai itu cukup mencolok.

Meski sekolah ini berada di desa, namun tak membuat tampilan para siswa ini minder ketika tampil membawa poster dan melakukan orasi poster di depan panggung kehormatan yang dihadiri Bupati Ngada Paulus Soliwoa dan Ny. Kurniaty Soliwoa beserta Forkompimda dan jajaran SKPD.
 
Siswa SMPN 2 Riung Barat mengakhiri longmarch melewati depan panggung kehormatan
Pada sesi orasi poster, salah seorang siswa sekolah ini, Yoris menyoroti kekerasan anak oleh guru yang masih sering terjadi. Yoris seperti memberi kesaksian dari pengalaman di sekolahnya, manakala sering anak menjadi korban kekerasan fisik karena gara-gara terlambat ke sekolah, padahal mereka setiap pagi harus menempuh perjalanan 20 km dari rumah ke sekolah.

Sebagai siswa yang sekolahnya terletak dari ibu kota Kabupaten dengan konsisi pembangunan masih serba terbatas, siswa SMPN 2 Riung Barat ini merasa momen HAN sebagai waktu yang tepat untuk menyampaikan keluh kesahnya kepada pemerintah.
 
APM Wahana Visi Indonesia Nagekeo - Ngada Otis Kawer Wakerkwa menyerahkan hadiah kepada SMPN 2 Riung Barat yang meraih juara II Lomba poster dan Orasi Poster

Dalam salah satu sesi, siswa sekolah ini menyampaikan uneg-uneg mereka melalui pantun. Pantun itu disampaikan oleh Yoris dan Cindy mengucapkan pantun bergantian. Aksi berpantun kedua siswa yang terlihat lugas mendapat aplaus dari Bupati Paulus Soliwoa dan para pejabat daerah yang hadir. Tak malu dan canggung, Yoris dan cindy mengucapkan pantun berikut bergantian.

Pantun Hari Anak Nasional:

Mengatur jadwal keliling kabupaten Ngada
Para calon hendak mencari suara
Ingat-ingat visi dan misi saudara
Jangan lupa setelah dilantik ingat janji anda

Jalan-jalan ke perbatasan Ngada Manggarai
Staf ahli bersama rombongan bapak bupati
Pulang kembali lewat di jalan tani
Jangan lupa singgah di sekolah kami

Hari jumat kita berjumpa
Hari selasa kembali bertanya
Apa kabar berita dari saudara
Permintaan kami di Bajawa

Luar biasan kami anak nasional hari ini
Datang tampil dihadapan bapak bupati
Luar biasa perhatian bapak kepada kami
Bantuan dana pembangunan asrama sekolah kami

Kami bangga manajer Wahana Visi Indonesia
Program saudara sangat luar biasa
Kami bisa bersuara dan langsung bertanya
Di hadapan DPRD dan bupati ngada

Anak nasional hari ini berdiri di sini
Difasilitasi oleh tim WVI
Jangan lupa kegiatan ini
Tindakan kekerasan harus diakhiri.
***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar