Vigonews

Membuka RAT Sangosay, Wagub NTT Tekankan Aspek Keberlangsungan dalam Koperasi



BAJAWA –  Wakil Gubernur NTT Yoseph Naesoi ketika membuka RAT Kopdit Sangosay tahun buku 2018, di Aula John Thom, Jumat (22/03/2019) menekankan pentingnya aspek ‘Keberlangsungan’ dalam pengelolaan koperasi.

Dikatakan Wagub Naesoi, membangun masa depan yang lebih baik dan terkoneksi dalam bingkai kebersamaan, untuk tumbuh dan berkelanjutan menjadi isu trategis dalam pengelolaan koperasi secara umum.

Ditegaskan Naesoi, koperasi tidak semata-mata hanya memikirkan perkembangan aset dan pertumbuhan anggota, tetapi juga ‘keberlangsungan’ menjadi fokus utama dalam pengelolaan sebuah koperasi.

Oleh karena itu, Wagub Naesoi minta Kopdit Sangosay yang kini sedang RAT  harus terus mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. Anggota diberikan kemudahan dalam mengangses informasi mengenai kondisi dan pengembangan koperasi, salah satunnya adalah melalui RAT seperti yang dilaksanakan ini.

Yoseph Naesoi menyambut baik terselenggaranya RAT Kopdit Sangosay. Dia memuji karena RAT koperasi ini secara konsisten dilaksanakan setiap tahun. Ini penting, sebagai sarana untuk menggalang kebersamaan, saling memotivasi dan menjadi ajang pembelajaran koperasi.

“Saya harap tidak semata-mata acara seremonial organisasi koperasi saja, tetapi yang lebih penting adalah menjadi alat untuk memacu pastisipasi berkoperasi agar dapat  menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi koperasi dan seluruh anggotanya,” pinta Naesoi.

RAT ini juga, kata dia, merupakan salah satu sarana atau kesempatan yang sangat baik untuk dapat melihat dan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai oleh pengurus, pengawas, serta tingkat partisipasi aktif anggotanya selama setahun buku.

“Saya berharap, agar seluruh pengurus dan pengawas terus melakukan evaluasi rencana kerja dan rencana anggaran dan belanja selama tahun buku 2018, serta membahas dan menyusun rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan belanja tahun buku 2019,” kata Naesoi.

RAT, kata Wagub Naesoi juga membahas dan menetapkan kebijakan umum di bidang organisasi/menajemen, usaha dan keuangan/permodalan serta hal-hal lainnya yang diusulkan oleh anggota. Menginventarisir seluruh permasalahan yang dihadapi selama ini dan mencari solusi bersama yang mengutamakan kepentingan koperasi dan anggota.
 
Wagub NTT Yosep Naesoi hadir dan membuka RAT Sangosay didampingi Ketua Kopdit Sangosay Rinu Romanus
Koperasi di Ngada

Pada kesempatan itu, Plt. Bupati Ngada Paulus Soliwoa memaparkan bahwa jumlah koperasi di Ngada sampai akhir tahun 2018 sebanyak 113 koperasi berbadan hukum. Dari jumlah itu, 108 koperasi didirikan di Ngada sedangkan lima koperasi di antaranya merupakan koperasi primer propinsi dan nasional yang beroperasi di Ngada.

Dari 108 koperasi yang didirikan di Ngada tiga koperasi diantaranya menjadi koperasi primer propinsi, yakni: Kopdit Sangosay, Kopdit Sehati dan Kopdit Sinar Harapan Malapedho.

Dari 108 koperasi itu juga, 16 Kopdit telah bergabung dalam wadah Puskopdit Flores Mandiri. Dari jumlah penduduk  Ngada 166.989 orang, 109.254 warga Ngada telah menjadi anggota koperasi, dan 14.326 jiwa di antaranya telah bergabung menjadi anggota Kopdit Sangosay Bajawa.

Dari data ini, kata Paulus Soliwoa, menunjukkan bahwa koperasi kredit  sebagai salah satu lembaga keuangan sudah dipercaya oleh masyarakat. Karenannya, saya berharap kepada Kopdit Sangosay terus bekerja sama, bermitra dengan pemerintah untuk membangun perkoperasian, sebagai wujud komitmen pemerintah menjadikan Ngada sebagai kabupaten koperasi.

Menyambut era pasar bebas, Paulus Soliwoa mengatakan, pemerintah Ngada telah meluncurkan program strategis di bidang perkoperasian melalui penguatan modal koperasi, program peningkatan ekonomi rakyat, bantuan modal usaha mikro, kecil dan menengah. Melalui program strategis ini, pemerintah kabupaten Ngada berharap ada pertumbuhan dan percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat yang berbasis koperasi.

Selain itu, kata Paulus Soliwoa,  dibutuhkan kesadaran, kepercayaan dan semangat juang serta keberanian seluruh komponen pembangunan terutama koperasi untuk memajukan dan mengembangkan usaha perkoperasian. Dengan demikian koperasi sebagai sokoguru dalam tata perekonomian nasional dapat memberikan peran dalam menumbuhkembangkan potensi ekonomi anggota yang bercirikan kekeluargaan dan kegotong-royongan.***

Laporan:
Boy Zanda
Emanuel Djomba

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :