Vigonews

Kopdit Sangosay Merawat Kepercayaan



Enam orang imam misa konselebran pada pembukaan RAT Kopdit Sangosay  -  

BAJAWA - Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopdit Sangosay Tahun Buku 2018, dibuka secara resmi, Jumat (22/03/2019) petang. Selanjutnya, agenda RAT dilanjutkan Sabtu (03/03/2019) di aula San-Jos, Bajawa.

RAT tahun buku 2018 itu dibuka dengan  dengan Perayaan Ekaristi Kudus yang dilaksanakan pada Jumad (22/3/2019) dipimpin oleh RD. Silverius Betu, Pr yang didampingi oleh RD. Hengky, RD. Don dan P. Armin, OCD. Hadir pada saat itu para pengurus, pengawas, managemen dan para anggota Sangosay utusan dari setiap wilayah yang terdiri dari Kabupaten di Flores maupun daratan Timor yang diperkirakan 1.400.000 umat/orang.

Tema perayaan ekaristi sekaligus menjadi tema RAT tahun buku 2018 adalah "Satu Hati, Satu Perjuangan Bersama Sangosay"

Terkait dengan tema RAT kali ini, RD Silverius Betu, Pr mengatakan, sangat menginspirasi karena lahir dari refleksi yang mendalam tentang sejarah perjuangan para pengurus, management dan anggotanya sejak kelahiranya hingga kini, saat ini.

‘Satu hati dan satu perjuangan’ adalah ungkapan persatuan cinta dalam sprit kebersamaan, yang kalau dalam ungkapan kebajikan bangsa Indonesia disebut semangat gotong royong. “Tema ini mengajak kita semua hidup dalam semangat gotong royong, berjuang bersama dalam wadah Kopdit Sangosay untuk menjadi  Koperasi Kredit Yang Aman, Terpercaya dan Berkelanjutan,” kata RD. Silverius.

“Firnan Tuhan dalam bacaan suci  mengajak kita untuk membangun hidup yang bijaksana. Kisah Yusuf dan saudara-saudaranya dalam bacaan I merupakan salah satu contoh tradisi kebijaksanaan Israel. Salah satu perhatian utama dalam tradisi kebijaksanaan Israel adalah keberhasilan hidup pribadi yang diperoleh melalui ketekunan dan displin diri termasuk dalam melawati setiap kesulitan hidup,” papa Silverius.

Takut akan Tuhan

Kebijaksanaan hidup yang dihayati oleh Yusuf, lanjutnya, telah memampukannya berhasil dalam hidupnya meskipun Ia harus menderita. Dan sikap takut dan taat pada Tuhan juga yang telah membuat  Yusuf kuat. Kiranya kebijaksaan sikap  Yusuf dihayati oleh semua anggota Kopdit Sangosay terkhususnya, para pengurus, management, pengawas dan penasihat.
 
Misa pembukaan RAT Sangosay tahun buku 2018
Ditegaskan, hendaknya hidup harus takut pada Tuhan. Tidak boleh bermain-main dengan uang. Sebab kesalahan penggunaan uang akibatnya fatal dan bisa menghancurkan Kopdit dan Anggota. Para anggota harus tekun dan taat menabung, taat meminjam dan taat juga untuk mencicil dan juga selalu bersikap displin terhadap pinjaman tuk mencicil tepat waktu. Sehingga darinya akan menyatukan semangat "satu hati, satu perjuangan bersama Sangosay".

Bacaan Injil yang kita dengarkan menceritakan kepada  tentang kisah Pemilik kebun anggur dan para penggarap. Pemilik kebun anggur adalah Allah sendiri dan para penggarap adalah umat Israel termasuk kita yang hadir sebagai umat Israel yang baru.

Dikatakan, kisah ini mau menggambarkan tentang sifat-sifat Allah yakni Pertama, Allah yang murah hati. Bahwa kemurahan hati Allah ini diberikan untuk kita kelola agar bisa mencapai tujuan usaha Kopdit Sangosay yaitu: "Menjadikan anggota bermartabat, sejahtera dan bahagia".

Kedua, Allah adalah Allah yang percaya kepada umatnya. Hendaknya kepercayaan Allah yang diberikan kepada kita terutama dalam mengelolah Kopdit Sangosay yang di dalamnya ada anggota, management, pengurus dan pengas hendaknya tetap dipegang teguh. Sebab prinsip utama koperasi adalah kepercayaan. Oleh karena itu kepercayaan Allah itu tetap menjadi napas hidup guna mewujudkan Kopdit Sangosay yang terpercaya, dan bermoral.

Ketiga, Allah kita adalah Allah yang sabar. Karenanya, dalam pengelolaan Sangosay, semua anggota, staf management, pengurus dan pengawas harus panjang sabar. Sebab kesabaran selalu mendatangkan kebahagiaan bagi diri, sesama, lewat Kopdit Sangosay.

Keempat, Allah adalah Allah yang adil. Manusia memang bisa saja mengambil keuntungan dari kesabaran Allah, tetapi pada akhirnya akan datang penghukuman dan keadilan bagi yang tidak taat dan memberontak.

“Kita semua para anggota, pengurus, managemen, pengawas, penasihat juga mesti bertindak adil. Jangan ada pilih kasih dalam penerapan aturan dan pelayanan. Sebab keadilan akan mencerminkan sikap taat pada Allah yang solider. Maka hendaknya Kopdit Sangosay harus mengambil bagian dalam solider Allah dengan prinsip: "Kau susah saya bantu dan saya susah kau bantu"

Untuk diketahui, Setiap RAT Kopdit Sangosay selalu mengawalinya dengan perayaan Ekaristi Kudus. Hal ini mau menunjukkan bahwa roh sangosay selalu mengandalkan Tuhan. Dalam setiap kerja, perjuangan dan harap harus tetap bernapaskan Tuhan itu sendiri. Dan menjaga kepercayaan Tuhan, Sangosay akan selalu ada dan tetap hidup hingga keabadian. Oleh karenannya Sangosay tetap merawat kepercayaan Tuhan itu tanpa henti.

Laporan Boy Zanda

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :