Vigonews

Kopdit Sangosay Menuju Rp 1 Triliun Aset



BAJAWA –  Kopdit Sangosay bertekad, dua atau tiga tahun ke depan menembus kekuatan aset Rp 1 triliun. Demikian dikemukakan Ketua Kopdit Sangosai Rinu Romanus dalam sambutannya pada pembukaan RAT Kopdit Sangosay, Sabtu (22/03/2019) petang.

RAT yang berlangsung dua hari hingga, Sabtu (23/03/2019) itu dibuka Wagub NTT Yoseph Naesoi dan dihadiri sejumlah pejabat pemerintah, pengurus, manamenen dan anggota koperasi ini.

Rinu Romanus mengatakan,  Kopdit Sangosay pada usia ke-36 telah bertumbuh menjadi sebuah koperasi besar dengan jumlah anggota  57.676 orang, atau bertambah 10.141 orang selama tahun buku 2018, dengan jumlah aset Rp 696.046.861.278.

“Kita bertekad bersama, agar aset sebesar ¾ triliun dalam jangka waktu dua atau tiga tahun ke depan akan berkembang menjadi Rp 1 triliun. Sementara jumlah anggota menjadi 100 ribu orang dari jumlah saat ini.  Hal ini bukanlah suatu mimpi tetapi sasaran yang memicu kerja keras, kerja cerdas, dan kerja sama kita semua,” kata Rinu Romanus.

Sebagai pengurus, Rinu Romanus menegaskan bahwa untuk membangun citra dan pemperjuangkan pposisi Sangosay seperti sekarang ini tidak mudah. Perkembangan aset yang terus meningkat merupakan perjuangan yang membutuhkan energi dan strategi.

Bisa kita bayangkan bahwa koperasi ini sudah berkembang jauh sejak didirikan tanggal 28 Mei 1983 dalam wadah KST Sangosay, dan kemudian resmi menjadi Kopdit Sangosay  menjadi koperasi besar.
 
Berjuang bersama-sama
RAT dengan tema: Satu Hati, Satu Perjuangan bersama Kopdit Sangosay - kata Rinu Romanus, “kita berikhtiar dan bertekad bersama agar segenap komponen Kopdit bersatu hati membangun kesejahteraan keluarga melalui dan bersama Sangosay.”

Sebagai anggota Sangosay seyogyanya bertekad mewujudkan ekonomi keluarga yang diandalkan. Ikhtiar para pendiri membantu kesulitan ekonomi anggota telah membuahkan keyakinan untuk sekali Sangosay tetap Sangosay – Sekali menyimpan di Sangosay tetap di Sangosay dan selanjutnya sekali meminjam terus meminjam di Sangosay.

“Kita membangun solidaritas di antara kita untuk bersikap profesional dalam mengurus dan mengelola Sangosay dan terus berusaha  agar sebagai anggota tetap berempati dan solider dengan memenuhi kewajiban anggota secara konsisten. Komitmen untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu dan tepat jumlah adalah juga bagian dari sikap solider kita dalam berkoperasi,” papar Romanus.

Di bagian lain, Romanus mengutip Richardson Branson mengungkapkan bahwa kebersamaan dan kerja sama adalah sesuatu yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Kebersamaan mampu mempersatukan kita, memberikan kita keamanan, dukungan dan juga perasaan saling memiliki satu sama lain. Kebersamaan pula yang dapat menumbuhkan rasa cinta dan solidaritas di antara kita.

Selanjutnya Branson mengatakan: “Jika anda ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Tetapi jika anda ingin berjalan jauh,  maka berjalanlah bersama-sama.” “Sebuah anak panah akan mudah dipatahkan, sepuluh anak panah apabila diikat menjadi satu akan sulit dipatahkan.” ***

Laporan:
Boy Zanda
Emanuel Djomba

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :