Vigonews

Kadis Pertanian Ngada: 'Didik Siswa SMK Jadi Petani Berdasi'



Kadis Pertanian Kabupaten Ngada Paskalis Wale Bai bersama Camat Wolomeze melakukan penanaman perdama cendana dan kelor di SMK Reformasi Wue -- 

WOLOMEZE - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngada, Paskalis Wale Bai memberi apresiasi kepada SMKS Reformasi Wue di Kecamatan Wolomeze  yang membangun pendidikan dengan mengembangkan keunggulan lokal berbasis pertanian dan peternakan.

Apresiasi itu disampaikan Paskalis ketika menghadiri kegiatan pencanangan SMKS Reformasi Wue Berbasis keunggulan lokal yang dirangkaikan dengan penanaman perdana 1000 anakan cendana dan kelor di Wue, Selasa (20/02/2019).

Baca juga:
SMKS Reformasi Wue Berbasis Keunggulan Lokal Dicanangkan!

Sebagai sekolah yang berada di tengah masyarakat dengan 90 persen hidup dari pertanian dan peternakan,  sekolah ini telah mengambil langkah tepat. Melalui terobosan ini ajak Paskalis: "Mari kita didik anak-anak kita kelak menjadi petani ‘berdasi.’ Petani yang sejahtera dari kebun sendiri. Damana dia menjadi manajer atas usahanya sendiri dari pertanian dan peternakan di kampungnya."

Paskalis juga mengaku sempat terkejut diundang lembaga pendidikan ini,  yang menurut anggapannya bukan urusan dirinya. Namun ketika hadir di kegiatan ini, Paskalis justru merasa sedang berada di tempat yang tepat, karena sekolah ini mengembangkan keunggulan lokal, yang saat ini menjadi pusat perhatiannya. 

"Ini SMK pertama di Ngada yang punya jurusan pertanian mengundang saya. Di sini kita bisa sama-sama memikirkan dan merancang tentang pertanian masa depan. Dan di lembaga inilah sesungguhnya menjadi tempat semai bakal petani ‘berdasi’  yang sejahtera dari kebunnya," jelas Paskalis bangga.
 
Kadis Pertanian Paskalis W. Bai dan Camat Wolomeze Kasmin Belo bersama komunitas SMKS Reformasi Wue usai penanaman 1000 anakan cendana dan kelor
Tentang dibukanya jurusan TKJ (Teknologi Komputer dan Jaringan) di sekolah berbasis pertanian, justru dipandang Paskalis sebagai keunggulan lain yang bakal menyiapkan tenaga skils guna mendukung pemanfaatan teknologi dalam memenangkan persaingan di era global dan mendukung memasarkan hasil pertanian. Mereka (calon petani)  juga harus paham teknologi untuk mendukung kegiatan pertanian.

Paskalis juga memberi apresiasi kerja sama lembaga ini dengan Yayasan Puge Figo yang bergerak dalam bidang pelestarian lingkungan hidup melalui penanaman komoditi cendana, kelor, nilam dan sere dapur. Komoditi ini sekali waktu akan dibeli kembali daunnya oleh Puge Figo untuk diolah menjadi produk herbal dan produk kecantikan berorientasi ekspor.

Paskalis juga baru tau, kalau dalam kapasitas sebagai Kadis Pertanian dirinya didaulat menjadi pembina di lembaga ini. Dan dia menyatakan siap menjalankan tugas itu - bahu membahu dengan pengelola sekolah ini, para guru dan orang tua siswa membangun lembaga pendidikan yang consern mengembangkan pertanian dan peternakan.

Pada kesempatan itu sebagai oleh-oleh, melalui Suluh Lingkungan (SL) Consultan - Paskalis memperkenalkan pembuatan WC ternak sebagai sarana menghasilkan pupuk organik secara mandiri baik padat maupum cair. Konsep WC ternak diperkenalkan Director SL Consultan Adrianus Lagur yang saat kunjungan ke sekolah ini langsung mendisain untuk dieksekusi.

Dibagian akhir, sebagaimana pesannya di berbagai tempat, Paskalis mengajak generasi muda mencintai pertanian, sehingga hidup sejahtera dari kebunnya. "Saya ajak generasi muda jangan malu jadi petani, karena kita bisa hidup sejahtera dari tanah sendiri," papar Paskalis.***

Laporan: Emanuel Djomba

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :