Vigonews

Warga Riominsi, Riung Barat Sambut Gembira Peluncuran Rumah Baca di Kampungnya



Warga Riominsi sambut peluncuran taman baca -- 

RIOMINSI – Warga Riominsi, desa Benteng Tawa 1, Kecamatan Riung Barat menyambut gembira peluncuran Rumah Baca (RB) ‘Sadi Bisa’ di kampung mereka. Peluncuran itu berlangsung, Sabtu (22/12/2018).

RB Sadi Bisa diluncurkan oleh Direktur Lembaga Rumah Literasi Cermat (RLC) Ngada, didampingi penanggung jawab RB Sadibisa Alisha Ngindang, disaksikan warga kampung Riominsi. Hadir pada saat itu tim RLC Boy Zanda yang juga guru SMAK Regina Pacis Bajawa, para guru muda, anak-anak dan warga masyarakat.

Baca juga:
Gelisah Alisha Wujudkan Rumah Baca ‘Sadi Bisa’

Peluncuran RB ini terbilang istimewa. Menurut Direktur RLC Emanuel Djomba, di banyak tempat peluncuran taman baca dan sejenisnya hanya dihadiri anak-anak. Namun berbeda dengan Riominsi ini, warga ikut hadir. Bahkan sejak pagi mereka sudah menunggu tim  Safari Literasi RLC. Karena kondisi jalan yang rusak parah menuju wilayah itu, tim RLC baru tiba pada pkl 13.30 wita.

Pada saat itu, Direktur RLC Emanuel Djomba secara resmi menyerahkan buku-buku bacaan anak-anak, sejumlah buku referensi, majalah, koran serta bacaan rohani. Buku-buku itu diterima penanggung jawab RB Sadi Bisa Alisha Ngindang. Kepada Alisha, Emanuel juga menyerahkan buku antologi puisinya, ‘Pulang ke Rinduku’ sebagai salah satu kazanah bacaan itu rumah baca itu.

Selanjutnya secara resmi buku mulai dipajang di rak yang sangat sederhana. Anak-anak tampak langsung menuju rak buku dan membolak-balik untuk menyantap isinya. Sejenak suasananya berangsur hening, karena anak-anak larut dalam kegiatan membaca.

Pada kesempatan itu Alisha menyampaikan terima kasih kepada RLC yang sudah menjalin kerja sama hingga terwujudnya harapan kami akan tempat baca di desa yang jauh dari keramaian dan fasilitas komunikasi. Kegiatan sederhana dan kecil itu mengingatkannya pada perkataan Santa Theresa; melakukan hal kecil dengan cinta yang besar. “Semua orang terlibat di sini karema mereka mencintai generasi dengan harapan menjadi generasi yang cerdas,” kata Alisha
 
Anak-anak Riomisi di taman baca 'Sadi Bisa"
Harapan

Pada kesempatan diskusi dengan masyarakat, Emanuel Djomba menyampaikan bahwa buku-buku yang ada masih sangat sedikit. Namun kita akan berupaya agar RB Sadi Bisa terus ditambahkan khazanah buku yang dibutuhkan baik bagi anak-anak maupun bacaan masyarakat.

Sementara Boy Zanda  sebagai putra Riung Barat memberi motivasi kepada warga agar memanfaatkan rumah baca ini sebagai sumber pengetahuan dan sumber informasi. Khusus bagi anak-anak, rumah baca ini harus menjadi pusat kegiatan berliterasi melalui tumbuhnya minat baca dan menulis.

Sementara salah seorang warga, Yosep Zalu merespons dan memberi apresiasi
atas kehadiran rumah baca ini. Hanya dia berharap kegiatan rumah baca perlu terarah dengan program-program edukatif. Harapannya, bahwa taman baca ini memberi manfaat yang besar, baik bagi generasi muda maupun warga masyarakat.

Sementara,  Paskalis Day mengatakan, dibukanya taman baca ini menumbuhkan hal positif dan memberi banyak manfaat. Dari sini masyarakat bisa gunakan sebagai ruang publik dalam berinteraksi yang mencerahkan. Hanya dia mengatakan kenapa baru sekarang. “Ini seperti agak terlambat,” katanya.
 
Ibu-ibu Riominsi yang penuh semangat
Warga lain, Romanus Rimbang, minta RB Sadi Bisa dan RLC dapat menambah buku-buku yang sangat dibutuhkan masyarakat di desa, seperti buku tentang pertanian, peternakan, kewirausahaan, maupun buku-buku tentang tips kesehatan dan resep masakan. Patris Naru menambahkan, buku-buku mesti mencakup banyak komponen yang diperlukan dan digunanakan untuk pengembangan pendidikan. 

Benyamin Rai, memberi profisiat kepada orang muda yang bersemangat mendirikan rumah baca ini. Juga terima kasih kepada RLC yang sudah datang ke sini untuk memulai perubahan. “Orang muda sebagai agen perubahan sebenarnya dengan hal-hal kecil seperti ini, yang bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Rai.(ade)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :