Vigonews

Ruas Jalan Ende-Ngalupolo Rusak Parah



Ruas jalan rusak parah --

ENDE - Ruas jalan sepanjang Ende menuju desa Ngalupolo, Kecamatan Ndona Kabupaten Ende rusak parah, seperti disaksikan awak media di lokasi, Jumad (04/01/2019).

Ruas jalan ini merupakan jalur satu-satunya yang menghubungkan Ende-Ngalupolo. Sudah 15 tahun, sejak 2006 lampau,  jalan ini dibuka hingga 2018, tidak ada sentuhan kelanjutan peningkatan pembangunan ruas jalan ini.

Para wakil rakyat dari daerah pemilihan Ngalupolo sudah beberapa periode nampaknya tidak mampu menunjukkan taringnya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat demi peningkatan jalan tersebut. Terhitung sudah banyak wakil rakyat yang dipilih oleh masyarakat desa Ngalupolo, hingga saat ini, tak seorang pun mampu memperjuangkan hal ini.

Valerianus Maksimus Mari, tokoh Ngalupolo diaspora, menyesalkan keadaan ini.
Maksi menuturkan, dari tahun ke tahun ada sekian banyak APBD yang diserap untuk kepentingan rakyat dalam ranah pembangunan fasilitas publik dan infrastruktur,  namun sangat minim yang mengalir ke Desa Ngalupolo.

Lebih jauh Maksi menegaskan, ini soal kepekaan Anggota DPRD apa  jeli melihat kondisi kebutuhan konstituen yang memilihnya dan diajukan dalam rencana anggaran pembangunan daerah.
 
Ruas jalan Ende - Ngalupolo
"DPRD harus peka terhadap kejadian, kebutuhan masyarakat dan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat. DPRD jangan tau duduk di kursi dewan kemudian diam-diam saja tanpa memantau perkembangan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. DPRD mesti terjun langsung, melihat, menemukan mengamati, menyelesaikan masalah-masalah publik, merasakan keringat dan penderitaan masyarakat,” kata Maksi.

Lebih jauh Maksi Mari mengungkapkan bahwa, sebagai wakil rakyat, ia berkomitmen di tahun mendatang akan memperjuangkan hak-hak masyarakat dan keberpihakan pembangunan bagi masyarakat terutama infrastruktur dan kebutuhan vital masyarakat pada umumnya.

Yovianus Lima-lima, tokoh masyarakat desa Ngalupolo mengatakan bahwa sudah saatnya masyarakat harus cerdas untuk memilih wakil yang mampu menyuarakan kebenaran dan keberpihakan pada rakyat.

Yovi menghimbau agar masyarakat jangan terprofokasi oleh politik sesaat dari para politisi yang datang hanya mengumbar janji dan mencari kesempatan di saat-saat pencalonan.

Yovi juga menegaskan bahwa masyarakat yang cerdas, pasti akan mendapatkan wakil rakyat yang berkualitas.  Wakil yang berkualitas akan memperjuangkan kepentingan rakyat konstituennya.***

Oleh: Uno Ignatio

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :