Vigonews

Pada Hari Anak Misioner: Fr. Hendra Ajak Umat Beri Rasa Aman pada Anak


Anak-anak sekami gelar kegiatan tukaran kado saat natal epifani dan hari anak misioner -- 

KURUBHOKO - Perayaan natal epifani di Paroki Maria Ratu Para Malaikat (MRPM) Kurubhoko, desa Nginamanu, kecamatan Wolomeze,  melibatkan anak-anak Sekami. Selain paduan suara, Sekami juga menggelar acara tukaran kado.

Pada perayaan Natal Epifani yang dirangkaikan dengan Hari Anak Misioner Sedunia, Fr. Hendra Raza Sola Ajak umat menjamin rasa aman kepada anak-anak dalam keluarga.

Ajakan itu disampaikan Fr. Hendra dalam khotbahnya pada perayaan Natal Epifani di Gereja Paroki Maria Ratu Para Malaikat (MRPM), Kurubhoko, kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada, Minggu (06/01/2019).

Lebih lanjut,  Fr. Hendra mengingatkan bahwa perayaan ini menjadi momen refleksi dalam memahami rencana Allah melalui anak yang dipercayakan Allah. Anak, kata Fr. Hendra merupakan tanda (bintang) yang dianugerahlan Allah dalam keluarga untuk suatu rencana yang mulia.

Seperti bayi Yesus yang terancam oleh kekuasaan Raja Herodes kala itu, kata Fr. Hendra mengingatkan,  bahwa saat ini banyak anak yang masih berada dalam ancaman, tekanan dan menjadi korban kekerasan.

"Anak-anak kita berada dalam ketidak nyamanan, seperti kasus aborsi, pemerkosaan, kekerasan fisik, penjualan anak dan masih banyak lagi," tegas Fr. Hendra
 
Tukar kado
Dalam khotbahnya, Fr. Hendra yang kini sedang merampungkan disertasinya di STFK Ledalero, Maumere ini mengatakan, pesta natal epifani bermakna bahwa Yesus yang lahir di Betlehem itu menampakan diri kepada dunia.

Perjumpaan kita dengan Tuhan, lanjut Fr. Hendra semestinya membawa kita kepada 'jalan lain' atau 'jalan baru' yang ditempuh orang majus dari timur.

Jalan lain atau jalan baru itu, menurut Fr. Hendra merupakan sebuah cara baru dan gaya hidup yang berkenan kepada Allah.

Bintang terang yang menuntun orang majus dari timur, tambah Fr. Hendra harus merupakan suatu tanda yang diberikan Allah kepada manusia.

"Dalam hidup kita selalu ada tanda yang diberikan Allah. Tetapi apakah kita cukup peka dengan tanda-tanda dari Allah?  Seperti tanda bintang yang menuntun orang majus datang menyembah Yesus," katanya.
 
Tukar kado
Tukar Kado

Perayaan natal epIfani juga diwarnai  tukaran kado. Sekitar 60 anak Sekami mengikuti acara tukaran kado dengan penuh kegembiraan. Tukaran kado dipimpim Sr. Yuli, SFCF. 

Saat ramai-ramai buka kado, Sr. Yuli mengingatkan anak-anak agar tidak menyesal jika isi kadonya tidak sesuai dengan harapan.

"Apa yang kita dapatkan, kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Selain itu, kita bisa belajar ikhlas dan menerima kekurangan teman kita," kata Sr. Yuli. (Ad)***


Suster Yuli, SFCF memandu acara tukaran kado anak-anak

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :