Vigonews

Ketua BPD Wue, Melkior Tunga Diduga Terlibat Kasus Penipuan


KURUBHOKO - Ketua BPD Desa Wue, di Kecamatan Wolomeze, kabupaten Ngada Melkior Tunga, diduga terlibat kasus penipuan. Melki diduga telah menipu Heribertus Langga (42), warga Rt 07 dusun Munteduntu, desa Wue.

Heribertus kepada awak media, Selasa (08/01/2019) mengatakan, bahwa Melki telah meminjam seekor kerbau darinya pada 1 November 2011 lampau karena ada keperluan mendesak. Kerbau yang dipinjam itu betina dengan ukuran 30 cm (tanduk).

Pada saat itu, kata Heribertus, Melki berjanji akan mengganti  kembali dengan ukuran yang sama sebulan kemudian, tepatnya pada 2 Desember 2011. 

Kerbau yang dipinjam itu sebenarnya masih milik kelompok ternak Za,a Kimu yang digulirkan pemerintah. Seharusnya dirinya keberatan untuk memberikan kerbau itu, tetapi karena Melki dalam kesulitan maka diberikan. Apalagi Melki sendiri menyanggupi untuk menggantianya sebulan kemudian.

Namun sampai waktu yang dijanjikan, Melki yang juga warga RT 05, dusun Natarandang, desa Wue itu belum  juga memenuhi janjinya bahkan hingga tahun 2018 ini.

Setiap kali ditagih, Melki hanya mengatakan nanti-nanti. Namun janji-janjinya tidak pernah dipenuhi hingga tujuh tahun ini.
Heribertus Langga, korban penipuan
Karena Melki belum juga menepati janjinya, masalah ini akhirnya dibawa kepada pihak kepolisian untuk memfasilitasi penyelesainnya, pada akhir tahun 2018 lalu. Pertemuan yang difasilitasi oleh Kapospol Wolomeze Brigpol Bersadi Kilikili berakhir dengan tandatangan pernyataan di atas meterai sebagai kesanggupan mengembalikan kerbau pengganti.

Saat dighubungi media, Brigpol Bersadi membenarkan telah memfasilitasi kedua belah pihak yang dikuatkan dengan surat pernyataan kesanggupan untuk mengembalikan kerbau pengganti  milik Heribertus oleh Melki. Pernyataan itu ditanda tangani kedua belah pihak di atas meterai yang disaksikan Kapospol Bersadi dan Resort Peternakan Kecamatan Wolomeze Rafael Sai. Melki saat itu menyatakan akan mengembalikan pada tanggal 29 Desember yang lalu.
  
Namun sampai saat ini Melki belum juga menepati janjinya yang sudah ditandatangani itu. Padahal jika tidak juga mengembalikan kerbau pengganti milik Heribertus, Melki menyatakan siap diproses hukum. Pihak Pospol sampai hari ini juga belum mendapat informasi baik dari Melki maupun Heribertus.

Ditambahkan Heribertus,  kalau mau dihitung sejak tahun 2011, kerbau betina miliknya itu semestinya sudah beranak hingga lima ekor. Janji Melki juga hanya sebulan untuk kembalikan kerbau pengganti. Karena itu, jika Melki tidak membereskan ini, pihaknya akan menempuh jalur hukum.

Sementara Ketua Kelompok ternak Za’a Kimu, Kanis Lalung yang dihubungi media, Rabu (09/01/2019) membenarkan Melki telah meminjamkan kerbau milik Heribertus yang juga anggota kelompoknya pada tahun 2011 lampau. Saat itu Heribertus mau membantu kesulitan Melki karena janji akan mengembalikan gantinya sebulan kemudian. Namun sampai hari ini belum juga ada kesanggupan dari Melki untuk mengganti.(ad)***

Surat pernyataan:


Surat peryataan


Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :