Vigonews

Begini Orang Muda Lintas Agama Kurubhoko Nyalakan Api Toleransi



Api toleransi orang muda lintas agama -- 

KURUBHOKO - Orang muda lintas agama di Kurubhoko, Kecamatan Wolomeze menggelar renungan pergantian tahun 2018-2019.

Kegiatan itu berlangsung, Senin (31/12/2018) menjelang pergantian tahun. Hadir pada saat itu Orang Muda Katolik (OMK) dari Paroki Maria Ratu Para Malaikat (MRPM) Kurubhoko, Remaja Mesjid Al Ikhlas Kurubhoko, orang muda Kristen GMIT dan orang muda Kristen Pentekosta Kurubhoko.

Kegiatan itu digagas oleh OMK Paroki MRPM Kurubhoko. "Kami langsung mengomunikasikan dengan pemuda lintas agama yang kemudian direspons positif, untuk gelar refleksi akhir tahun bersama," kata Tony Hayon, koordinator kegiatan ini.

Pada kegiatan orang muda lintas agama itu hadir Pastor Paroki MRPM Kurubhoko, pater Tobias Harman, OFM. Dia sekaligus memimpin kegiatan refleksi orang muda lintas agama bertempat di pelataran Gereja Katolik MRPM Kurubhoko itu.

Hujan yang sempat mengguyur kecamatan Wolomeze dan sekitarnya tak menyurutkan semangat orang muda lintas agama malam itu. 

"Kami sempat was-was apa orang muda hadir atau tidak, karena hujan. Tetapi justru semua teman-teman muda tetap semangat datang ke tempat kegiatan," kata Sergio Nggoli yang juga pelancar kegiatan ini.
 
api unggun orang muda lintas agama
Kepada vigonews.com, Pater Tobias Harman, OFM mengatakan, kegiatan ini didorong oleh kecemasan dimana malam tahun baru banyak orang muda menyambutnya yang cenderung mengarah pada hal-hal negatif. 

"Karena itu pada momen tahun baru mesti ada wadah bersama dimana mereka dapat merefleksi pergantian tahun dengan hal-hal positif," kata Pater Toby.

Orang muda lintas agama yang hadir diajak untuk merefleksi berbagai peristiwa bencana dan peristiwa tragis di Indonesia. Seperti bencana tsunami Palu, Banten, Lombok, penembakan pekerja trans Papua dan masih banyak lagi.


Dalam refleksi yang dipandu Pater Toby, orang muda lintas agama diajak untuk memghargai kehidupan dan  bersyukur atas kehidupan itu sebagai anugerah Allah. "Karena ada banyak orang yang tidak sempat melewati tahun ini, melewati sukacita pergantian tahun. Bahkan mereka tidak sempat sampai di penghujung tahun," papar Pater Toby.

Melalui bencana-bencana yang terjadi, kata imam OFM ini, harus dilihat bahwa alam sedang tidak bersahabat. Karenanya kekuatan orang muda perlu diwadahi guna menjaga keleatarian alam yang sering dirusak.

Setelah refleksi orang muda diajak shering pengalaman. Shering pengalaman yang menyenangkan. Pengalaman itu sebagai semangat memasuki tahun baru 2019. Pengalaman yang menyakitkan dalam hidup ditinggal dan dikuburkan bersama waktu yang berlalu.
 
sukacita dalam kebersamaan
Dari hering masing-masing dilanjutkan dengan kegiatan doa bersama. Kemudian mendoakan sesama teman di sampingnya sebagai niat saling menguatkan. Setelahnya loncemg gereja dibunyikan, dan menyalaan api unggun sebagai simbol api baru - semangat baru memasuki tahun yang baru. 

Kegiatan ini, kata koordinator aksi Tony Hayon diikuti lebih dari 100 orang muda lintas agama. Sebelumnya pihaknya perkirakan dihadiri 60 orang muda.

"Di luar dugaan banyak orang muda reapons dengan kegiatan ini. Kami senang karena acara yang tidak direncama itu kemudian bisa jalan dengan baik dan mendapat respons kalangan muda cukup luas," tambah Rolan - panitia kegiatan ini.

Dalam kegiatan orang muda lintas agama ini, kata Sergio Nggoli, ada semangat bersama, dan tidak ada sekat-sekat. Semangat persaudaraan justru mencairkan kebekuan untuk berinteraksi. "Saya bangga karena orang muda bisa bersinergis," kata Sergio lagi.

Sementara Ayatulah dari Remaja Meajid Al Ikhlas Kurubhoko memberi apresiasi pihak OMK yang sudah gelar kegiatan ini. Ia berharap kegiatan yang merekatkan persaudaraan ini terus dilanjutkan dalam berbagai moment selanjutnya. 
 
shering pengalaman orang muda
"Kami dari remaja mesjid senang dengan kegiatan yang penuh persaudaraan. Karen itu kami berharap agar kegiatam semacam ini dilaksanalan pada tahun-tahun berikutnya," pinta Ayatulah.

Terlait dengan respons anak muda lintas agama ini, Pater Toby mengatakan ini kekuatam yang harus didayagunakan dalam membangun. Kegiatan renungan orang muda lintas agama diakhiri dengan makan bersama dan rekreasi persaudaraan.(R-1)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :