Vigonews

Inilah Tokoh Idola Fr. Luis Watungadha, Mana Idola Kamu?




Fr. Luis Watungadha bicara tentang pemipin idola dalam renungan penutup perarakan hari Kristus Raja Semesta Alam --  

MATALOKO – Perayaan Hari Kristus Raja Semesta Alam di Mataloko, Minggu (25/11/2018) diakhiri dengan ibadat penutup setelah prosesi sakramen mahakudus mengelilingi delapan stasi/lingkungan.

Perayaan ini melibatkan hampir seribuan umat yang merapat ke lapangan Ekoroka setelah berkeliling ziarah di delapan stasi/lingkungan. 

Setiap stasi/lingkungan mengiringi perjalanan spiritual itu dengan tabuhan gong gendang yang memacu ratusan kali penati ja"i. Kelelaham surut oleh semangat prosesi berkilo-kilometer. Melibatkan umat dewasa, anak-anak seperti SD, SMP, SMA  dan perguruan tinggi.

Misa dan prosesi dipimpin Pastor Paroki Rm. Basilius Lewa, Pr sebagai selebran utama dengan imam selebran Rm. Wawan Kuwa, Pr, Romo Martinus Ua.

Hujan rintik-rintik yang mengguyur kawasan itu sejak pkl 13.00 tak membuat umat surut. Mereka tampak bergeming. Berpayung menjadi sarana berkompromi dengan alam. 

Dalam ibadat penutup, Fr. Luis Watungada  dalam khotbahnya  bertema: "Kristus Sang Pemimpin Idola" menghantar umat yang memadati lapangan itu dengan siram rohani yang menyejukan hati.

"Siapa yang punya tokoh idola? Tentu kita semua punya sosok idola, bukan?" tanya Frater Luis

Dia menyebut nama Aldo Longa -  The Voice Indonesia. Dan nama-nama public figur lainnya. Semua umat terutama anak muda tersenyum. Ada yang angguk-angguk.

Berikutnya dia bertanya lagi, "siapa yang tokoh idolanya Yesus. Banyak umat juga tersenyum, terutama orang-orang tua."

"Kristus adalah Sang Pemimpin Idola Kita," kata Fr. Luis menegaskan pertanyaan sebelumnya. 

Banyak pemimpin dan public figur mungkin menjadi idola kita. Itu tidak salah. Tetapi yang tepat Kristus adalah pemimpin idola sejati, karena dia yang membawa kita pada keselamatan. Pemimpin idola yang lain adalah idola yang rapuh. Mereka mungkin juga dipakai Tuhan, tetapi hanya satu pemimpin idola yang sanggup menyelamatkan, Dialah Kriatus.

Mengutip Yoh. 10:1-2, "Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba  dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba."

Kristus, kata Fr. Luis adalah Sang Gembala yang membawa gembalaannya menemukan padang rumput yang hijau dan sumber air yang segar.
 
Umat yang memadati lapangan Rutosro di Malanuza saat ibadat penutup perarahakan Sakramen Mahakudus pada hari Kristus Raja semesta Alam
Kristus, tegas Fr. Luis adalah gembala (Sang pempin) yang melepaskan dan keluar dari kemapanannya dan membawa kawanan yang dipimpinnya keluar dari segala masalah/persoalan.

Pintu yang dilewati Kristus adalah pintu yang sempit yang tak semua pemimpin melewatinya. "Dan melalui pintu yang sempit itulah kepemimpinan seseorang diuji," katanya.

Frater Luis menegaskan lagi, "Kristus adalah Sang pemimpin idola. Sang Gembala yang berjalan di depan. Menjadi teladan dan panutan dan kesaksian tentang hidup tang benar."

Sang pemimpin hendaknya berjalan bersama mereka yang dipimpin. Orang yang dipimpin pasti mengenal suaranya. Ini bukti sahih bahwa seorang pemimpin itu berjalan bersama rakyat dalam segala situasi. Dan pemimpin selalu mendengarkan dengan teliti keluhan mereka yang dipimpin.

Pemimpin ideal zaman ini, ujar Fr. Luis, adalah para pemimpin yang pertama-tama selalu mendengar suara Tuhan. Mereka hanya akan dapat mendengarnya dalam keheningan, bukan dalam kebisingan.

Yesus juga mengatakan, “ada padaku domba lain yang harus kutuntun juga.” 
Yesus sadar bahwa tidak semua sepaham dengan Dia. Namun mereka yang tidak sepaham sudah seharusnya diayomi, bukan disingkirkan dari kehidupan sesama.

“Bagaimana dengan kita? Dengan para pemimpin kita? Sebagai pemimpin mari kita teladani sikap Yesus yang mengayomi semua orang. Sebab jika tidak demikian sia sialah kita menjadi kristiani, jika kita hanya sepakat dengan orang sepaham,” pungkasnya. 

Siapa tokoh idola anda? Tokoh idola harus menjadi tanda kehadiran Allah, meski kita  manusia rapuh dan tak seperti yang kita harapkan. Karena itu kita harus ikuti gaya kepmimpinan Yesus.***

Laporan: Emanuel Djomba

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :