Vigonews

Forum Kerukunan Bicara Peran Media Sosial untuk Perdamaian



Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Ngada bicara peran media sosial untuk perdamaian --  

MATALOKO/NGADA - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Ngada selenggarakan kegiatan seminar kerukunan dengan tema ‘Media Sosial Untuk Perdamaian dan Kerukunan’, bertempat di auditorium Paroki Roh Kudus Mataloko, Selasa (13/11/2018)

Seminar kerukunan itu dipandu oleh moderator P. Remigius Tedong, OCD dan dihadiri oleh lima narasumber, yaitu: Rm. Silvester Betu, Pr, Fajri Natsir, S.Ag, Pendeta Sakeos Bahas, Agung Artha Naya dan P. Agus Alfonsus Duka,SVD.

Pada seminar itu,  Rm. Silvester Betu, Pr dalam paparan materinya, mengatakan sekarang ini media sudah dijadikan sebagai alat untuk ‘membunuh’. Dalam kitab suci, Allah berkomunikasi dengan manusia tentang damai. Allah menghendaki agar manusia selalu berkomunikasi dengan damai antar sesama. Rm.Silvester juga mengajak umat untuk selalu menjaga kerukunan, dengan menjalin komunikasi yang baik.

Dalam kesempatan yang sama, Fazri Natsir,S.Ag dari unsur agama Islam, ketika menyampaikan materinya mengatakan, orang yang menyebarkan berita bohong (hoax) akan terhempas dalam dosa. Dia menambahkan, manfaat media sosial akhir-akhir ini cenderung dijadikan sebagai instrumen untuk mengujar kebencian antar sesama.

Sedangkan dalam kesempatan yang sama, pemateri ketiga Sakeos Bahas dari Kristen mengatakan, dalam pandangan Kristen Protestan, setiap orang yang menggunakan media sosial haruslah menciptakan kerukunan, karena kerukunan akan membawah berkah dalam hidup manusia”.
 
Peserta seminar sebagian besar siswa dan orang muda
Narasumber ahli P. Agus Alfonsus Duka,SVD dalam memaparkan materinya, mengatakan, Media sosial sekarang sebagai panggung gaya hidup (live stile), bentuk-bentuk ujaran kebencian diantaranya: penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, dan tindakan provokasi. Karakter media sosial juga diantaranya virtual (maya), anonimitas, berjejaring, dan atraktif.

Yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya: BEM STKIP CITRA BAKTI Ngada, PMKRI Cabang St. Stefanus Ngada, siswa/i SMAK St.Thomas Aquino dan seminari St.Yohanes Berkhmans Toda Belu Mataloko, para politisi, para kawula muda, awak media.

Penulis: Gregardus Adeputra Moses

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :