Vigonews

Porseni ‘Bariwoso’ Ajang Pembentukan Karakter Siswa



Camat Soa membuka Porseni 'Bariwoso' dengan tendangan bola pertama - 


SOA – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ‘Bariwoso dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Gregorius Ke Molo, S.Pd, Senin (17/09/2018) di Loaolo, Soa.

Porseni yang diikuti 15 Sekolah Menengah Pertama di kecamatan Bajawa Utara (Batara), Riung Barat, Wolomeze dan Kecamatan Soa (Bariwoso) itu melibatkan lebih dari 1000 atlet dan ofisial.

Camat Soa, Drs. Yoachim Nango Kolo menandai dimulainya kegiatan porseni dengan melakukan tendangan perdana pada pertandingan sepak bola awal Porseni antara kesebelasan SMPN Negeri 2 Riung dan SMPN Satap 1 Bajawa utara.

Apel pembukaan Porseni ‘Bariwoso’ yang akan berlangsung sepekan itu diramaikan dengan pertunjukkan musik drumband dari SMPN Satap 3 Wolomeze dan SMPK Slamet Ryadi, Soa.
 
Pertunjukkan Drumband SMPN Satap 3 Wolomeze meramaikan pembukaan Porseni 'bariwoso'
Grup drumband SMPN Satap 3 Wolomeze memukau penonoton dengan tampilan atraktif di lapangan sepak bola SMPK Slamet Ryadi Soa. Kolaborasi musik drumban, tarian, paduan suara dan musik band mendaulat para tamu dan undangan dari tribun turun ke lapangan ikut menari ja’i ria.

Pembukaan Porseni menyedot perhatian15 kontingen dari sekolah-sekolah di wilayah ‘Bariwoso’. Bahkan masyarakat  Soa ikut meriahkan kegiatan pembukaan dengan menyaksikan acara pembukaan secara langsung.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Gregorius Keo Molo megatakan, Porseni merupakan momen strategis dalam mengembangkan minat dan bakat anak, karena melalui kegiatan ini siswa dapat menyalurkan berbagai kemampuan dan mengekpresikannya yang telah mendapat sentuhan dari para guru.

Kegiatan Porseni, kata Goris, demikian dia biasa disapa, merupakan salah satu wahana dalam penguatan karakter melalui penanaman nilai yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan mutu.

Melalui Porseni, tegas Goris di hadapan lebih dari 1000 atlet dan ofisial, sebenarnya masyarakat akan melihat peran para guru di sekolah-sekolah. Karena prestasi yang diraih para siswa tidak bisa terlepas dari sentuhan para guru di sekolah-sekolah.
 
Para undangan
Itu sebabnya, kepada para siswa dia berharap memberi penghargaan kepada para gurumu, karena melalui mereka penanaman nilai dan pembentukan karakter untuk mencapai berbagai prestasi, dapat diimplementasikan. Dalam mengembangkan diri, guru menjadi sumber inspirasi bagi anak didik.

“Melalui Porseni sebenarnya kita dapat melihat bagaimana anak-anak menunjukkan prestasi. Ajang ini memperlihatkan bagaimana nilai-nilai dalam olahraga ditanamkan kepada anak didik. Dan nilai-nilai itu bermanfaat bagi kehidupan mereka. Melalui kegiatan ini karakter anak akan terbentuk,” papar Goris menjawab media usai pembukaan Porseni.

Di bagian lain, Goris mengemukakan, melalui Porseni siswa mendapat ruang untuk berprestasi, dan para siswa dapat mengenal teman-temannya dari sekolah lain sebagai sudara satu sama lain.

Sementara Ketua Panitia Porseni, Akarius Wale Odi dalam laporannya mengatakan, Porseni ‘Bariwoso’ akan berlangsung sepekan dari 17 – 23 September 2018.

Menurut Akarius, meski ‘Bariwoso’ adalah akronim dari kecamatan peserta, namun menurut Akarius ‘Bariwoso’ dalam bahasa orang Soa bermakna ‘lebih’. Dalam konteks Porseni, ‘Bariwoso’ juga bermakna sebagai ajang bagi anak didik untuk menunjukkan prestasi lebih, menanamkan nilai lebih, kreativitas lebih, inovasi lebih dan mutu lebih dari sekedar yang sudah ada.

Dikatakan, generasi kini harus menjadi generasi yang unggul, baik melalui penanaman nilai dan karakter maupun menggapai mutu pendidikan dan prestasi sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 demi menciptakan generasi bangsa yang mampu berdaya saing.
 
Ja'i bersama dalam kolaborasi musik drumband SMPN Satap 3 Wolomeze
Kegiatan ini diikuti oeh 15 SMP, antara lain: dua SMP dari Riung Barat bagian selatan, empat SMP dari Kecamatan Batara, empat dari Kecamatan Wolomeze dan lima SMP dari Kecamata Soa.

Dalam Porseni ini  diperlombakan/bertanding sejumlah cabang seperti: Sepak bola, voli, lari 5000 meter dan atletik. Cabang seni antara lain diperlombakan: paduan suara, dan atraksi seni lainnya yang akan dipentaskan setiap malam selama Porseni.

Porseni ‘Bariwoso’ yang baru pertama kali digelar ini, adalah Porseni tingkat SMP Rayon VII MKKS/MGMP di lingkup Kecamatan Riung Barat, Batara, Kecamatan Wolomeze dan Soa.

Hadir pada saat pembukaan Sekcam Soa Wilson Siga, Kapolsek Ipda Edi Tube, para kepala cabang Dinas Pendidikan, para kepala sekolah, para kepala desa di kecamatan Soa, dan undangan lainnya.(edjom)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :