Vigonews

Dukcapil Ngada Gelar Sidang Pencatatan Perkawinan di Desa Nginamanu Selatan & Barat




WOLOMEZE - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ngada menggelar sidang terbuka pencatatan perkawinan di desa Nginamanu Selatan dan Nginamanu Barat.

Sidang pencatatan perkawinan di Desa Nginamanu Selatan (Ngisel), dilaksanakan Selasa (25/09/2018) diikuti 46 pasang. Sedangkan di Desa Nginamanu Barat (Ngibar) dilaksanakan Rabu (26/09/2018) dan diikuti 26 pasang.

Baca berita terkait:
Maladhawi Jadi Kampung KB Kedua di Kecamatan Wolomeze

Guna melayani Pencatatan Perkawinan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) memang gencar turun ke desa, dengan strategi layanan 'jemput bola'.

Terobosan ini, kata Kadis Dukcapil Kabupaten Ngada, Fitalis Fole, akan terus dilakukan dengan layanan gratis hingga tahun 2020 mendatang. Setelah itu setiap pasang akan dikenakan denda Rp 120 ribu perpasang. Karena itu dia minta masyarakat yang belum mengurusnya agar segera mengurus catatan perkawinannya.

Penegasan Fitalis itu dikemukakannya  ketika gelar sidang pencatatan perkawinan kepada 46 pasang suami-istri bersamaan dengan pencanangan Kampung KB di Maladhawi, desa Nginamanu Selatan, Kecamatan Wolomeze, Selasa (25/09/2018).
 
Penyerahan akte pencatatan perkawinan secara simbolis kepada lima pasang suami-istri mewakil 46 pasang oleh Maxi Neto
Sebelum gelar sidang pencatatan perkawinan secara terbuka, Fitalis mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada sekitar 46 pasangan suami-istri. Sidang kemudian dilanjutkan dengan pencatatan perkawinan.

Pada kesempatan itu, Dukcapil langsung menyerahkan akte pencatatan perkawinan kepada 46 pasang, yang secara simbolis diterima lima pasang suami-istri dari desa itu, termasuk kepada Kepala Desa Fitalis Keo.

Usai sidang, salah seorang warga peserta pencatatan perkawinan, Stefanus Watu menyampaikan apresiasi kepada Dinas Dukcapil yang turun langsung melayani masyarakat hingga ke desa.

Menurut Stefanus, akte pencatatan perkawinan adalah salah satu dokumen kependududukan yang sangat penting dalam banyak urusan keluarga, terutama bagi anak-anak. "Setelah saya dapat akte nanti langsung foto copi untuk dikirim kepada anak saya yang sedang sekolah di luar," jelas Stefanus.(edjom)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :