Vigonews

‘Sungai bukan Tempat Sampah,’ Kata Kades Nginamanu Don Bosco Lemba


WOLOMEZE, VIGONEWS.COM – Kepala Desa Nginamanu Yohanes Don Bosco Lemba menegaskan bahwa sungai bukan tempat sampah. Hal itu dikemukakan setelah menyaksikan dua sungai di wilayanya selama ini sering jadi tempat pembuangan sampah maupun bangkai.

Jumat (01/06/2018), orang tak dikenal membuang bangkai di sungai Kolupenu dekat jembatan keluar masuk desa itu dari arah selatan. Bangkai yang sudah mulai membusuk itu mengirimkan aroma tak sedap sehingga setiap orang yang lewat jembatan Kolupenu merasa tak nyaman.

Berita terkait:
Sungai di Desa Nginamanu Jadi Tempat Pembuangan Sampah & Bangkai

Terkait dengan hal tersebut, Kades Don Bosco menegaskan kepada warga desanya dan warga sekitarnya, agar tidak membuang sampah dan bangkai hewan yang mati ke sungai. Karena kata dia, sungai bukan tempat sampah.

“Sungai ini tempat orang mandi, cuci dan berbagai keperluan untuk hidup. Dan sepanjang sungai juga banyak terdapat warga yang berkebun, bahkan hingga di Kabupaten Nagekeo. Jadi kita harus menjaga kesehatan dengan tidak buang sampah sembarangan, termasuk ke sungai yang menjadi sarana vital,” tegasnya.
Sungai Kolupenu

Dia minta warga, agar sampah plastik dibakar pada tempatnya, dan sampah oragnik dikubur saja. Begitu juga kalau ada bangkai supaya dikubur. Bukan malah dibuang ke sungai.

Penegasan Kades Don Bosco yang diposting juga melalui media sosial mendapat tanggapan publik melalui akun facebook. Akun milik Uno Ignamarry Ignatio mendukung langkah kepala desa, agar penegasan perlu disebarluaskan sehingga publik tau.

Sementara pengguna akun FB Mikhael Raga  menyarankan agar, sampah plastik dibakar pada lokasi yang agak jauh dari pemukiman. Sampah organik dikumpul dan dibenamkan dalam tanah untuk mengembalikan kesuburan tanah. Atau dikumpulkan pada satu lokasi jika sudah banyak dapat diproses untuk menghasilkan bokhasi.

Pengguna akun FB lain, Berto Hareng mengatakan, air adalah sumber kehidupan. Jadi harus dijaga. Ditambahkan pemilik akun Arnold Rendu, mengingatkan juga bahaya sampah puntung rokok yang kini berserakan dimana-mana, bahkan hingga melekat di bibir manusia. “Mari kita bersih dan bakar sampah yang tidak berguna agar lingkungan maupun tubuh kita sehat,” katanya.

Yosef Adang adalam akun Facebooknya mengatakan, sampah harus dijadikan pupuk organik. Sementara Sprianus Ngala menyarankan agar dibuatkan posko supaya mengawasi dan menjerat pelakuknya.(ed)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :