Vigonews

Oleh-Oleh Khas: REA – Kopi Arabika Organik Asli Bajawa



NGADA, salah satu kabupaten di Flores mempunyai kekayaan alam yang indah dan khazanah budaya unik sehingga menarik siapa saja untuk mengunjungi kawasan Flores bagian tengah ini.

Kekayaan alam seperti Taman wisata 17 Pulau Riung, telah menarik banyak wisatawan dari mancanegara untuk berkunjung. Kampung tradisional Bena di Jerebuu mewakili daya tarik dari sisa peninggalan kebudayaan megalit yang bertebaran di Kecamatan Jerebuu. Kampung-kampung tradisional masih terpelihara. Selain bena, ada kampung Tololela dan Guru Sina serta masih banyak kampung lainnya.


Di Ngada bagian tengah ada obyek wisata sumber air panas terbesar di pulau Flores dan selalu menyedot wisatawan baik lokal maupun asing. Obyek ini letaknya tidak jauh dari Bandar Udara Turelelo, Soa. Kawasan ini juga terkenal dengan atraksi budaya seperti Tinju adat yang dinamakan ‘Sagi’.

Masih banyak lagi suguhan kepada para pelancong. Namun yang tidak boleh dilupakan ketika Anda meninggalkan kabupaten ini adalah produk oleh-olehnya. Setelah Anda membawa oleh-oleh khas daerah ini, pasti anda akan kembali lagi suatu saat. Jangan lupa – karena Bajawa (Ngada) akan mempersembahkan oleh-oleh khas Kopi Arabika,  asli Bajawa, dan masih banyak oleh-oleh khas lainnya.


Dataran tinggi Bajawa, Mataloko dan sekitarnya memang menjadi daerah penghasil kopi. Kini, kopi asli Bajawa diolah melewati proses higianis dan menjadi produk organik yang layak dikonsumsi.

Jangan lupa bertandang ke UPH Mater Dolorosa, Manglewa. Lokasinya di mata jalan Bajawa-Ende, sekitar 5 km dari Kota Bajawa. Atau anda dapat memesannya melalui nomor kontak: 081339 204 559 & 082 144 386 511. Produk dengan branding Arabika REA ini sudah dalam pengawasan BPOM RI No: PO.TU.10.17.72.


Menurut Manajer UPH Mater Dolorosa, Mikhael Polu, kopi Arabika REA adalah kopi Arabika organik asli Bajawa. Kopi sehat dan segar dengan aroma khas. Arabika REA, kata Mikhael, kini dikemas dalam bentuk sasetan dan kemasan 250 gram, sudah dipasarkan secara luas baik lokal maupun ke berbagai kota besar lainnya, seperti Surabaya, Medan, Jakarta dan Kupang. Dikirim juga ke Labuan Bajo, Ende dan berbagai kota lain.

Untuk pasar lokal Bajawa, kata Mikael, permintaan kopi Arabika REA justru terbanyak  kemasan sasetan dengan harga persaset Rp 2.000. Sedangkan kemasan 250 gram dengan harga Rp 35.000 banyak dikirim ke luar Bajawa. Ke berbagai kota besar banyak yang memesan kopi rosting.(mp)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :