Vigonews

STKIP Citra Bakti Jadi Sentra Layanan UT

Sentra Layanan UT (SALUT) di STKIP Citra Bakti -  

MALANUZA, VIGONEWS.COM – STKIP Citra Bakti, Malanuza, Ngada baru saja melakukan uji coba video conference dengan Universitas Terbuka (UT). Kegiatan yang dirangkaikan dengan Workhshop Nasional dengan tema Action Research: Current Issues and Trends berlangsung, Jumat (18/05/2018) di kampus Citra Bakti.

Kegiatan Workhshop diikuti mahasiswa dan para dosen di lingkup STKIP Citra Bakti dan sejumlah guru. Menghadirkan narasumber: Prof. Dr Ni Nyoman Padmadewi dan Luh Putu Artini, Ph.D (dari Universitas Pendidikan Ganesa, Bali), dan Made Wahyu Mahendra, M.Pd (dari STKIP Citra Bakti)

Berita terkait:
Pendidikan Kita Belum Memuaskan, Kata Plt. Bupati Ngada Paulus Soliwoa Pada Workshop Action Research

Uji coba video conference antara dua perguruan  tinggi itu sangat strategis dalam rangka mengambil bagian dalam kebijakan Kemenristekdikti tentang revolusi industry 4.0 – yang mana pemanfaatan sebesar-besarnya perkembangan teknologi dalam pembelajaran di perguruan tinggi.
 
Dr. Dek Ngurah Laba Laksana
Salah satunya adalah pembelajaran dalam jaringan (daring), dimana UT adalah satu-satunya kampus negeri yang ditugaskan pemerintah dalam mengimplementasikan pembelajaran dalam jaringan. Untuk itu STKIP Citra Bakti sebagai mitra UT saat ini akan turut serta mengambil bagian dalam kebijakan RISTEKDIKTI tersebut dalam melaksanakan DARING.

Dr. Dek Ngurah Laba Laksana selaku Ketua Panitia pelaksana mengatakan, uji coba video conference ini sebagai kelanjutan Nota kesepahaman tentang pelaksanaan Sentra Layanan UT (SALUT) di Kampus Citra Bakti.

Menurut Laba Laksana, dengan kerja sama ini maka mulai tahun 2018/2019 STKIP Citra Bakti menjadi Sentra Layanan UT (SALUT) – yang Uni Penyelenggara Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) berada di Kupang. Dengan sentra layanan ini, STKIP Citra Bakti dapat menyelenggarakan perkuliahan UT baik dengan system tatap muka, video conference maupun online. “Jika ke depan berkembang, bukan tidak mungkin sentra layanan akan ditingkatkan menjadi UPBJJ seperti di Kupang,” beber Laba.
 
Penyerahan MoU antara UT dan STKIP Citra Bakti
Guna mendukung kegiatan itu, kata Laba Laksana, para tutor juga akan dipersiapkan melalui pelatihan yang melibatkan para dosen STKIP Citra Bakti. Selain itu, STKIP Citra Bakti juga dinilai layak untuk menjadi Sentra Layanan UT karena memiliki gedung sendiri.

Dalam waktu dekat akan segera membuka pendaftaran untuk mahasiswa UT dengan jenjang pendidikan S1 dan S2. Guna menyiapkan segala sesuatunya, tambah Laba, pekan ini dari UT melakukan visitasi yang berhubungan dengan ketersediaan infrastruktur dan tenaga dosesn. “Untuk itu kami sudah siap karena memang sudah memenuhi syarat yang diminta,” tegas Laba.

Sementara, Ketua Yapentri sekaligus Plt. Ketua STKIP Citra Bakti, Wilfridus Muga, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, lembaga yang dipimpinnya itu sudah siap menjadi Sentra Layanan UT. Dengan kerja sama ini, maka akan memberi kemudahan kepada khalayak yang ingin mengikuti perkuliahan tanpa terikat dengan waktu, karena system kuliahnya dilakukan baik dengan tutorial, tele conference maupun online.(ed)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :