Vigonews

Resmikan Puskesmas Langa, 3 Hal Ini yang Mau Dicapai


Plt.Bupati Ngada Paulus Soliwoa (kanan)  menyerahkan SK kepada kepala puskesmas Langa Hieronimus Due, disaksikan oleh kepala dinas kesehatan kabupaten Ngada Agustinus Naru Kila, dan Camat Bajawa Emanuel Roja. -   

BAJAWA, VIGONEWS.COM - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Ngada, Paulus Soliwoa, meresmikan puskesmas Langa, Selasa (29/05/2018)  di Langa. Pengkuhan puskesmas itu termuat dalam SK Bupati Ngada Nomor:169/Kep/2018 yang dikeluarkan sejak tanggal 13 april 2018.

Dalam sambutan Plt Bupati Ngada Paulus Soliwoa mengatakan, pembangunan prasarana kesehatan  merupakan komitmen pemerintah untuk membangun 4 (empat) sektor unggulan yaitu pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan infrastruktur.

Dikatakan, dalam bidang kesehatan, pemerintah terus mebangun sarana prasarana kesehatan, sarana prasarana penunjang, dan memperhatikan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Semakin banyaknya pemekaran dan pembangunan puskesmas di kabupaten Ngada membuktikan komitmen pemerintah kabupaten Ngada dalam membangun sektor kesehatan. "Termasuk hari ini kita resmikan puskesmas Langa di desa Beja ini, membuktikan komitmen pemerintah kabupaten Ngada di bidang kesehatan," kata Polus Soliwoa

Dikemukakan Paulus Soliwoa,  ada tiga variabel sebagai parameter kesehatan yakni, pertama status gizi masyarakat, kedua kasus kematian bayi baru lahir (BBLR), dan ketiga kasus kematian ibu hamil (Bumil). Hadirnya fasilitas kesehatan seperti puskesmas dapat menekan ketiga kasus di atas. "Sampai dengan saat ini, kita bersyukur karena ketiga variabel di atas masih kita pertahankan, dan belum ada kasus yang luar biasa," papar Plt.Bupati Ngada ini.

Dia mengharapkan dukungan dan partisipasi dari masyarakat terhadap semua sektor pembangunan. Saat ini pemerintah kabupaten Ngada fokus pada dua hal yaitu aspek pemberdayaan dan partisipasi masyarakat.

Kepada para kepala desa diharapkan agar menyediakan lahan yang memungkinkan membangun puskesmas dengan fasilitas penunjang. Sehingga pada suatau ketika bisa ditingkatkan menjadi puskesmas rawat inap. Terhadap lahan pembangunan puskesmas Langa yang dihimbau oleh Plt.bupati Ngada ini mendapat respons baik dari para kepala desa dan tokoh-tokoh masyarakat seLanga raya kecamatan Bajawa. Dan, pada tahun 2019 akan dibangun.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada Agustinus Naru menyampaikan bahwa, puskesmas Langa dibentuk dalam rangka mendekatkan pelayanan bagi masyarakat di 6 (enam) desa induk dan 3 (tiga) desa persiapan. Keenam desa tersebut yakni, desa Beja, desa Bela, desa Langageda, desa Borani, desa Bomari,  dan desa Ubedolumolo. Ketiga desa persiapan yakni, desa Ubedolumolo II, desa Boradho, dan desa Langagedha I. Puskesmas Langa bakal melayani 5.300 jiwa dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Peningkatan status Pustu Langa menjadi puskesmas Langa merupakan fasilitas kesehatan (puskesmas) yang mekar dari puskesmas Surisina. Mengingat jaraknya yang jauh, dan  untuk mendekatkan pelayanan, maka pemerintah kabupaten Ngada melalui dinas kesehatan kabupaten Ngada merencanakan, memutuskan dan membijaksanakan untuk menghadirkan sebuah fasilitas kesehatan yang lebih memadai yaitu puskesmas Langa.
"Sejak tahun 1974, masyarakat Langa raya mendapatkan pelayanan kesehatan dari puskesmas Surisina yang jaraknya sekitar 6 km. Maka saat ini kita hadirkan puskesmas Langa guna mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Gusti
 
Kepala dinas kesehatan kabupaten Ngada Agustinus Naru, Plt.Bupati Ngada Paulus Soliwoa, dan Camat Bajawa Emanuel Roja.
Kepala desa Borani Emanuel Turu mengatakan, mewakili semua kepala desa dan masyarakat se-Langa raya memberikan apresiasi kepada pemkab Ngada melalui dinkes Ngada yang telah memperhatikan fasilitas kesehatan dengan membangun puskesmas di Langa raya. "Setelah ini kami akan rapat bersama rekan-rekan kepala desa dan tokoh-tokoh masyarakat guna menentukan tempat yang strategis untuk pembangunan puskesmas Langa tahun 2019," kata Eman Turu.

Di Bagian lain, Kepala Puskesmas Langa, Hieronimus Due, akan melakukan  konsilidasi internal bersama para petugas kesehatan yang bekerja di puskesmas Langa, dan membangun komunikasi lintas sektor guna meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kuakitas pelayanan kesehatan.

Hadir dalam kegiatan peresmian puskesmas Langa, Asisten I Setda Ngada Emanuel Dopo, Asisten II Setda Ngada Hironimus Reba Watu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada Agustinus Naru Kila,  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Fransiskus Wogha, Camat Bajawa Emanuel Roja, Pastor Paroki Langa Wihelmus Bertolomeus.

Hadir pula, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nikolaus Nono, Kepala Badan Ketahanan Pangan Ferdinandus Bura, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Getrudis Lali, Mentor kesehatan Yohanes Donbosko Ponong, Sektetaris Dinas Kesehatan Yak.Yosep Mawo, Sekretaris Dinas Pertanian Hubertus Jelalu, Kepala Bidang PSDK Dinkes Ngada Karelous Dhone, Kepala P2P Agung Tut Artanaya, Kepala Puskesmas Surisina Damianus Wae Fodju, Kepala Puskesmas Langa yang baru Hieronimus Due, Kepala Desa Ubedolumolo Feliks Niki, Kepala Desa Borani Emanuel Turu, dan para tokoh masyarakat Langa raya.(ch)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :