Vigonews

POPM Pencegahan Penyakit Kaki Gajah, Ngada Lampaui Target Nasional

Peserta rapat evaluasi POPM pencegahan filariasis -  

BAJAWA, VIGONEWS.COM –  Rapat Evaluasi pelaksanaan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) guna pencegahan penyakit kaki gajah (filariasis) di kabupaten Ngada berlangsung di Hotel Virgo, Jumat (18/05/2015).

Rapat tersebut dibuka Asisten I Setda Ngada, Emanuel Dopo, mewakili Plt. Bupati Ngada Paulus Soliwoa. Hadir pada saat itu Pengelola Malarian & Kecacingan Bidang P2P Dinas Kesehatan Propinsi NTT Anak Agung Suardipa, S.K.M, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada Agustinus Naru Kila.

Hadir pula Sekdinkes Yak. Yos Mawo, Kabid PSDK Karolus Dhone, Kabid Yankes Lin Manuk,  Kabid P2P Agung Artanaya, dan Kasi P2 Nona Tonda. Hadir juga pada saat itu para camad dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Ngada.

Kegiatan ini serangkaian evaluasi pelaksanaan POPM filariasis selama tiga tahun,  dari 2015 – 2017. Adapun target yang hendak dicapai yakni sesuai dengan standar WHO cakupan POMP filariasis, yaitu sebesar 65 persen. Sementara pelaksanaan POMP filariasis di Kabupaten Ngada hingga saat ini mencapai  67 persen, atau melampaui target nasional 65 persen.

Tahun ini adalah tahun keempat dari 5 tahun gerakan minum obat filariasis dalam rangka eliminasi penyakit kaki gajah. Meski melampaui target nasional diharapkan masyarakat tetap minum obat – yang berumur 26 – 70 tahun. Sementara yang mengidap darah tinggi, jantung dan ibu hamil serta penyakit berat tidak diperbolehkan mengonsumsi.

Pada kesempatan itu  Anak Agung Suardipa sebagai pembicara mengatakan, selalin evaluasi hasil kegiatan BPOM pemberian obat dan pencehagan malaria tahun 2015 – 2017, kegiatan ini juga sebagai persiapan program Belkaga Oktober 2018 mendatang.

Diingatkan bahwa penyakit kaki gajah melalui gigitan nyamuk. Karena itu masyarakat harus tidur pake kelambu, dengan gerakan satu tempat tidur satu kelambu. Nyamuk ini biasa gigit jam 6 petang – jam 6 pagi.***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :