Vigonews

Literasi Pintu Masuk Bagi Guru ke Dunia Pemikiran

Kepsek SMAN 2 Bajawa, Yohanes Rade mengatakan, Literasi  pintu masuk bagi guru ke duia pemikiran
BAJAWA, VIGONEWS.COM – Pengurus Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Ngada, Rabu (30 /5/2018) bertandang ke SMAN 2 Bajawa (Smandu) di kawasan Bobou.

Di sekolah itu Ketua Agupena Ngada Ignasius Sabinus Satu bersama Sekertaris Agupena Ngada Bonefasius Zanda, bertemu dengan Kepala SMAN 2 Bajawa, Yohanes Rade di ruang kerjanya.

Dalam diskusi ringan, kepala sekolah yang akrab disapa Anis Rade itu mengatakan selalu merindukan kunjungan sesama guru, terutama dari kunjungan guru-guru muda yang punya semangat literasi. Karena literasi baginya merupakan pintu masuk menuju segala bidang pikiran, dan bagi guru menjadi pemicu dalam mengembangkan proses pembelajaran.

“Saya ikuti kalian guru-guru muda yang terus menggemakan gerakan literasi, dan semoga dengan Agupena ini guru-guru saya juga punya semangat menulis ke depan,” tuturnya.

Ketua Agupena Ngada Ignasius Sabinus Satu mengatakan, kunjungan ini dalam rangka konsolidasi wadah Agupena Ngada yang baru berkiprah di Ngada, yang rencananya pelantikan pengurus akan dilaksanakan, Senin (04/6/2018) oleh pengurus wilayah NTT.

Hal yang sama juga disampaikan Boy Zanda, Sekertaris Agupena Ngada, tentang semangat literasi yang digalakkan di sekolah. Dia menceritakan tentang geliat literasinya bersama anak didik di SMAK Regina Pacis yang sekarang sudah menerbitkan majalah Suara Ratu Damai.
 
Anis Rade didampingi Ketua Agupena Ngada Ignatio Sabinus Satu dan Skretaris Agupena Ngada Bonefasius Zanda
Dalam diskusi ini Anis Rade juga merespons kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dan guru. Ke depan, SMAN 2 Bajawa akan berkomitmen untuk gerakan literasi. Anis akan memprogramkan kegiatan pelatihan jurnalistik di sekolah yang dipimpinnya. “Saya buat program bersama tim guru, di SMAN 2 ini harus menjalankan kegiatan pelatihan jurnalistik, ini penting karena dengan mengenal hal jurnalistik membuka pikiran anak-anak untuk melihat hal yang lebih luas,” tandas Anis.

Saat ini SMAN 2 Bajawa dipandang sebagai salah satu sekolah baru yang bergerak maju dan yang diharapkan merupakan sekolah yang mempunyai daya saing di Ngada. Anis Rade dalam diskusinya menyatakan harapan besar bahwa sekolahnya harus mulai dengan habit literasi, dengan literasi sekolah ada roh.

Kerjasama ini yang bersifat kepenulisan guru dalam wadah Agupena dan pelatihan Jurnalistik Siswa yang di programkan sekolah pada masa orientasi siswa dan kerja sama lanjutan bagi kelas 2 dan tiga SMAN 2 Bajawa.(ch)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :