Vigonews

Hadiah Rp 500 Ribu, Siapa yang Menjawab Benar Variabel Germas?



Peserta sosialisasi Germas. -  

BAJAWA, VIGONEWS.COM - Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kupang bekerja sama dengan komisi IX DPR RI menggelar soaialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di kabupaten Ngada. Kegiatan itu dilaksanakan di aula Jon Thom Paroki Santo Yosep Bajawa, Sabtu (05/05/2018).

Pada kesempatan itu hadir Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Pius Lustri Lanang, Asisten II Setda Ngada Hironimus Reba Watu, Ketua DPC Gerindra Ngada Laurensius Nau, anggota DPRD Ngada dari Partai Gerindra Ngada Karelous Maku, Sekretaris Dinkes Ngada Yak.Yosep Mawo, Kepala Seksi Promokes Yohanes Fiany Wonga, Staf Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit, Hironimus  Due, Pimpinan Poltekes Kupang, dan unsur masyarakat.

Asisten II Setda Ngada Hironimus Reba Watu dalam sambutannya mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ngada, Paulus Soliwoa mengatakan, pentinganya melaksanakan pola hidup seperti melakukan aktivitas fisik setiap hari, makan makanan beraneka ragam sayur dan buah buahan, stop merokok, stop mengonsumi alkohol, dan rajin memeriksa kesehatan seperti kolestrol, asam urat, dan gula darah.

Dikatakan, saat ini seiring kemajuan alat-alat transporatsi, masyarakat sudah tidak mau lagi jalan kaki. "Padahal jalan kaki itu olah raga yang paling efektif. Kita saat ini, ke kios atau ke pasar yang dekat-dekat saja mesti naik sepeda motor,” kata Reba Watu
 
Hironimus Reba Watu
Menurutnya usia harapan hidup manusia di Indonesia yaitu 75 tahun. Di Negara Cilli kehidupan manusia bisa mencapai 145 tahun bahkan terendah 110 tahun. "Resep mereka di Cilli hanya jalan kaki. Kita di Ngada sudah pola makan tidak teratur, olahraganya pun kurang, makanya susah mencapai 75 tahun,” tambah  Reba Watu.

Sementara Direktur Poltekes Kupang Jefrin Sambara mengajak masyarakat untuk selalu melaksanakan Germas dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat, kata dia,  harus mampu melaksanakan ketujuh variabel Germas dalam kehidupan sehari-hari, yakni: buang air besar di jamban sehat, kebersihan lingkungan, makan makanan beraneka ragam, melakukan aktivitas fisik setiap hari, stop merokok, stop mengonsimsi alkohol, dan rajin melakukan pemeriksaan kesehatan setiap tiga bulan.

"Ketujuh  variabel itu menjadi penting jika kita melaksanakannya, sekaligus memastikan kualitas kesehatan kita," tutur Jefrin

Jawab Benar Dapat Hadiah

Dalam sosialisasi Germas itu, ada yang menarik ketika Pius Lustri Lanang menyampaikan pernyataan penutup. Pius bertanya kepada peserta apakah cukup paham dengan materi yang disosialisasi dan menarik atau tidak? “Menarik,” sambut ratusan peserta di aula Jon Tom siang itu.
 
Peserta yang mengikuti sosialisasi
Pius kemudian melanjutkan! “Apakah materi sosialisai Germas ini bisa dipahami dengan baik atau belum dipahami,” tanya Pius lagi kepada peserta. Kedua kalinya para peserta ramai-ramai berseru: “semua sudah dipahami.”

“Kalau begitu, silahkan angkat tangan, siapa yang bisa menyebutkan tujuh variabel Germas,” pinta Pius seraya meyakinkan peserta bahwa yang menjawab benar akan diberi hadiah uang Rp 500 ribu.

Salah seorang ibu segera mengacungkan tangan dan segera menyebut pertama, kedua dan akhirnya tak bisa melanjutkan karena tidak hafal. Pius kemudian menyilahkan peserta lain yang mungkin bisa menjawab dengan benar.

Salah seorang peserta mengacungkan tangan. Peserta yang bernama Yohanes Don Bosko Ponong itu pun menyebutkan tujuh variabel Germas dengan lancar tanpa ada yang terlupakan – setelah Pius menyilahkannya. Pius pun memenuhi janjinya memberi hadiah ruang Rp 500 ribu kepada peserta yang dapat menjawab dengan benar.(ch)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :