Vigonews

Fungsionaris Pastoral Menjawabi Kegembiraan dan Harapan, Duka dan Kecemasan


Fungsionari Pastoral Paroki St. Yosef Bajawa ikut pembekalan. -   

BAJAWA, VIGONEWS.COM – Karya pastoral adalah karya umat sebagai konsekuensi bahwa gereja selalu berubah untuk menjawabi kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan umat.

Demikian dikemukakan oleh RD Aleks Tabe, Pr pada pembekalan Fungsionaris Pastoral Paroki St. Yosef  Bajawa, (04/05/2018) di Biara OCD, Bogenga, Bajawa, Kabupaten Ngada.

Dikatakan RD Aleks Tabe, pelayanan para fungsionaris pastoral dilakukan melalui berbagai program kerja dan kegiatan – sebagai upaya membangun persatuan dan suasana kekeluargaan di tengah umat dan masyarakat dunia dalam menata hidup.

RD. Aleks Tabe yang hadir sebagai pemateri dari Pusat Pastoral Keuskupan Agung Ende bersama Rd Fery Dedhu Pr, Rd. Kristo Wuwur Pr. memaparkan tiga poin yang menjadi bagian penting pelayanan Fungsionaris Pastoral.

Pertama: ‘Ecclesia semper reformanda’ yang artinya gereja terus membaharui diri. Membaharui diri merupakan tuntutan dasar dari suatu kebutuhan fundamental Gereja yang harus tetap dinamis dan hidup. Gereja yang hidup adalah gereja yang selalu siap menghadapi pelbagai perubahan zaman yang pada gilirannya menantang dirinya dalam proses  berinteraksi.

Kedua, Musyawarah Pastoral (Muspas), Gagasan Konsili Vatikan II tentang Gereja sebagai ‘Umat Allah’ dan sebagai sakramen keselamatan  berdampak pada keikutsertaan seluruh umat sebagai subyek dalam pelayanan pastoral bukan otonomi kaum tertabis saja. Gagasan ini mengakui, setiap umat memiliki ‘kharisma’ yang bisa digunakan untuk membangun kehidupan Gereja.

Ketiga, arah pastoral mengungkapkan cita-cita umat yang dibangun  berdasarkan kondisi riil umat,  tantangan-tantangan yang dihadapi umat.

Kegiatan bertajuk Pembekalan dan Penguatan Kapasitas Fungsionaris Pastoral se-Paroki St. Yosef Bajawa, Sabtu dibuka secara resmi oleh Pastor Paroki John Preta, OCD dan diikui oleh 130 fungsionari pastoral dari stasi, lingkungan hingga kelompok umat basis (KUB).

Pada kegiatan yang dipandu tim Pusat Pastoral (Puspas) Keuskupan Agung Ende (KAE) bertempat di Biara OCD Bogenga  itu, Pastor Paroki John Preta, OCD menegaskan pentingnya pembekalan dan penguatan, agar Fungsionaris Pastoral menyadari bahwa ini adalah karunia dan karya Tuhan dalam pelayanan gereja di tengah-tengah umat.

Pater Jhon berharap, setelah menjalani kegiatan ini para Fungsionaris Pastoral menyadari dan menjalani panggilan untuk mengabdi dan melayani gereja yang mana gereja adalah umat Allah. “Setidaknya, pulang dari sini para Fungsionaris yang dikuatkan menjalani rencana tindak lanjut,” katanya.***

Laporan: Ignatio Sabinus Satu

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :