Vigonews

Dinkes Ngada Perkuat Sistem Informasi HIV/AIDS untuk Deteksi Dini


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=qVTTvEGmdwU

BAJAWA, VIGONEWS.COM – Dinas Kesehatan kabupaten Ngada, Selasa (01/05/2018) lalu melakukan sosialisasi system informasi HIV AIDS. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Cambera, Bajawa.

Dikemukakan Hironimus Due selaku penanggung jawab kepada vigonews.com, Kamis (03/05/2018) di Bajawa, sosialisasi itu berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan penyakit (P2P), yang menghasilkan lima kesepakatan.

Lima kesepakatan itu, yakni: pertama RSUD Bajawa dan puskesmas seluruh wilayah kabupaten Ngada akan mengirimkan hard copy sistem informasi HIV/AIDS (SIHA) mulai tanggal 26 April bulan berjalan sampai dengan tanggal 5 bulan berikutnya.

Kedua, RSUD Bajawa dan seluruh puskesmas sekabupaten Ngada melakukan kerja sama lintas sektor, lintas program dan KDS dalam penemuan kasus HIV/AIDS di masyarakat.

Ketiga, RSUD Bajawa dan puskesmas seluruh wilayah kabupaten Ngada wajib melakukan pemeriksaan HIV pada ibu hamil, pasien TBC, pasien hepatetis, dan inveksi menular seksual (IMS)

Keempat, Konselor atau pengelolah program HIV/AIDS di RSUD Bajawa dan Puskesmas sekabupaten Ngada wajib menjaga kerahasiaan klien.

Kelima, puskesmas wajib melakukan tindakan rujukan pada pasien dengan suspec HIV ke rumah sakit dan RSUD Bajawa wajib melakukan feedback rujukan pada Puskesmas yang mengantar pasien tersebut.

Semantara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada  Agustinus Naru kepada media ini mengatakan, di Puskesmas sekabupaten Ngada sudah ada konselor HIV/AIDS. Mereka bertugas untuk menginvestigasi penderita HIV/AIDS di setiap puskesmas. “Jika sudah positif menderita HIV/AIDS, konselor dari puskesmas wajib membuat rujukan ke rumah sakit,” jelasnya.

Dikatakan Agustinus,  dari  bulan Januari sampai April 2018 penderita HIV AIDS terdeteksi ada ada dua orang ibu hami yang menderita HIV dari puskesmas kota. "Kita temukan penderita HIV pada ibu hamil di bulan Januari dan Februari, dan semuanya dari puskesmas Kota," katanya.***

Laporan: Don Bosco Ponong

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :