Vigonews

Baru Terbentuk, Kempo Recis Sabet Empat Medali untuk Ngada

Baru terbentuk, Kempo Recis sabet empat medali di ajang Porda III NTT -  

BAJAWA, VIGONEWS.COM - Keberanian tim kempo dari Ngada berlaga di Pekan Olah Raga (Porda) III NTT di Kupang 11 – 15 Mey lalu, patut diacungi jempol. Tim kempo yang diwakili para kenshi dari Dojo SMAK Regina Pacis itu tidak sekedar berani tetapi pulang mempersembahkan medali dan mengharumkan nama Ngada.

Memperoleh medali itu memang biasa, namun membutuhkan kerja keras dan kerja ekstra. Betapa tidak hanya dalam waktu dua bulan sejak Dojo SMAK Regina Pacis terbentuk – mereka berlatih – langsung diutus berlaga. Dan, hasilnya? Membawa pulang medali. Medali yang dibawah pulang: satu emas, satu perak dan dua perunggu.

Pelatih kempo Dojo SMAK Regina Pacis, Simpai Ansel Waso Baghi, mengatakan untuk berlaga di Porda NTT sebenarnya waktu sangat sedikit. “Kita hanya ada waktu dua bulan untuk berlatih, setelah Dojo Regina Pacis terbentuk. Tetapi kita bangga karena mereka bisa mengimbangi para lawan hingga masuk babak final,” kata Ansel.

Dikatakan, waktu sangat pendek, tatapi pihaknya tetap punya target untuk tampil terbaik. Para atlet (kenshi) yang baru tingkat 1 (kyu 5) memang harus berjuang keras dengan  program latihan yang padat, karena mereka juga dipaksakan bertanding di tiga tingkat lebih tinggi (kyu 2).

Sebelum berlaga, dari 73 atlet terseleksi 27 atlet yang siap bertanding dengan para atlet kempo dari kabupaten lain di laga Porda tahun ini – yang tingkatannya di atas tiga tingkat. Namun dalam pertandingan yang melibatkan para atlet dari 17 kabupaten, atlet dari Recis bisa masuk babak final.

Di babak final ada lima kabupaten yang bersaing. Pada pertandingan di babak ini, atlet kempo Ngada berhasil merebut satu emas (embu/seni pasangan putra) atas nama  Reinaldus Labamaking dan Laurensius A. Labamaking; satu perak (embu/seni solo putrid) atas nama Titin Trisna Bupu; dan dua perak (randori/Fight putra) atas nama Yohanes C. Bhara Bate dan Aleksis R.
 
Atlet kempo dari Dojo SMAK Regina Pacis Bajawa
Latihan dua bulan namun dapat meraih prestasi tentu menjadi cacatan tersendiri. Konon dua atlet nomor randori dibidik oleh pelatih Prapon. Diharapkan dua atlet tersebut terus meningkatkan kemampuan melalui latihan-latihan hingga menyongsong ajang Porprof September mendatang. Menurut rencana dalam waktu dekat pelatih dari Pemprof NTT akan mengunjungi Dojo SMAK Regina Pacis Bajawa.

Sementara kepala SMAK Regina Pacis Bajawa, Rinu Romanus menanggapi prestasi tersebut menyatakan bangga dengan prestasi itu, meski waktu berlatih sangat pendek. Dan, Dojo SMAK Regina Pacis juga baru terbentuk.

Kempo menjadi salah satu kegiatan ekstra kurikuler di SMAK Regina Pacis. Sejak terbentuknya Dojo SMAK Regina Pacis belum lama ini menambah lagi satu kegiatan ekstra dari sekian banyak kegiatan ekstra di sekolah ini. Terkait dengan itu, kata Romanus, Kempo menjadi salah satu bentuk kegiatan ekstra yang memiliki banyak nilai dalam membentuk karakter generasi muda.

“Karena itu kita senantiasa terbuka dengan kalangan manapun yang memiliki kompetensi dalam bidangnya menjadi mitra untuk ikut ambil bagian mendidik generasi muda. Kita berterima kasih atas keterlibatan semua pihak dalam membentuk anak, baik guru, komite, orang tua, pelatih, maupun pemerintah yang mendukung sesuai dengan ruang masing-masing,” kata Romanus.

Ketua Yasukda, RD Daniel Aka, Pr memberi apresiasi kepada pihak sekolah yang selalu merespon terhadap berbagai hal baik yang bisa menjadi wahana dalam pembinaan generasi muda. Pendidikan karakter yang terus ditekankan memang sedapat mungkin melibatkan siswa dalam setiap aspek kehidupan. “Sebagai ketua yayasan saya banga, hanya harus terus belajar dan berproses – dengan giat berusaha dan berdoa,” katanya.

Kempo Dojo SMAK Regina Pacis diperkuat para pelatih, masing-masing: simpai Ansel Waso Baghi,  Rikhardus Waso Ria, Kristoforus Lina Kabe, dan Emanuel Petrus Tai.*** 

Laporan: Jayanto Loke
(Guru dan pendamping kempo SMAK Regina Pacis Bajawa.

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :