Vigonews

Sosialisasi Perangkat Akreditasi Terbaru 2018 oleh UPA Ngada




Kegiatan Sosialisasi UPA diikuti para kepala sekolah. -  

SOA, vigonews.com – Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Kabupaten Ngada melakukan sosialisasi akreditasi terbaru tahun 2018 di beberapa titik di kabupaten Ngada.

Demikian dikemukakan Koordinator UPA Kabupaten Ngada Johanes Lulu Kumi menjawab vigonews.com di sela-sela kegiatan sosialisasi di SMPN Satu Atap Libunio, Jumat (13/04/2018).

Dikatakan, jelang pelaksanaan akreditasi, pihaknya melakukan sosialisasi di beberapa titik di kabupatenn Ngada, antara lain di Kecamatan Jerebu’u bertempat di SD Gurusina, Kecamatan Soa bertempat di SMPN Satap Libunio dan Golewa Selatan bertempat di SD Nirmala.

Materi yang disosialisasi untuk akreditasi 2018 antara lain, sistematika dan persyaratan, dokumen isian akreditasi dan sistem penilaian akreditasi (Sispena).

Menurut Johanes, sosialisasi semacam itu perlu dilakukan agar sekolah-sekolah yang akan diakreditasi untuk memberi pemahaman kepada para kepala sekolah dan operator.

“Sehingga waktu akreditasi nanti ada kesepahamam, baik tentang sistematika dan persyaratan, maupun terkait dengan latihan pengisian DIA dan sispena,” kata Johanes.

Selain itu, tambah Johanes, sosialisasi semacam ini perlu dilakukan karena akreditasi selalu berubah dari waktu ke waktu. Saat ini misalnya: sispena sudah gunakan aplikasi online. Dengan demikian bisa meminimalisir kesulitan para kepala sekolah dan operator ketika pelaksanaan akreditasi itu sendiri.

Untuk diketahui, saat ini dari 174 SD, yang terakreditasi 27. Sementara untuk SMP baru lima yang terakreditasi dari 62 sekolah. Banyak sekolah yang belum terakreditasi karena sejak tahun 2013 – 2015 terjadi kefakuman. Mestinya akreditasi dilakukan lima tahun sekali setiap sekolah.
 
Johanes Lulu Kumi
Konsekuensinya kalau tidak terakreditasi, papar Johanes, sekolah-sekolah tidak bisa menyelenggarakan UN sendiri di satuan pendidikannya, dan kepala sekolah yang bersangkutan pun tidak boleh menandatangani ijazah – kecuali dititipkan di sekolah lain yang terakreditasi.

Untuk akreditasi tahun 2018, kata Johanes, pihaknya masih menunggu BAP dari propinsi. Dia mengakui bahwa tahun ini pelaksanaan akreditasi sedikit terlambat, yang biasanya dilaksanakan pada bulan Maret. “Memang jadwal ini sebagai panduan saja, karena kemudian dalam pelaksanaannya kita tetap harus sesuaikan dengan kondisi setempat,” papar Johanes.

Kegiatan sosialisasi ketiga yang dipusatkan di SMPN Satap Libunio melibatkan sekolah-sekolah, yakni: SMPN Satap 2 Batara, SMPN Satap 2 Soa, SDK Ngusumana, SDI Malakiku dan SMPN Satap Libunio sendiri.

Sementara Kepala SMPN Satap Libunio Saga Tekla Maria mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi sekolahnya dalam mempersiapkan pelaksanaan akreditasi nanti, sehingga tidak mengalami kendala.(ed)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :