Vigonews

Sekdinkes Ngada: 'Forum Minilok Puskesmas Jangan Saling Lempar Kesahalan,


SOA, VIGONEWS.COM - Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) kabupaten Ngada Yak. Yosep Mawo membuka kegiatan minilok di puskesmas Waepana Kecamatan Soa, Kamis (26/04/2018) di puskesmas Waepana, Kecamatan Soa.

Sekdinkes Ngada yang akrab disapa Jack ini, dalam sambutannya mengatakan, minilok lintas sektor harus dijadikan moment evaluasi diri bagi semua komponen yang ada di puskesmas. Dalam dinamika minilok ini, semua pihak mesti berjiwa besar untuk mengakui kekurangan diri dan tidak boleh saling melempar tanggungjawab serta melempar kesalahan pada pihak lain.

Pada kesempatan itu, Jack juga mengajak kepada semua peserta minilok puskesmas agar fokus pembahasan puskesmas Waepana pada ke 12 (dua belas) SPM sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 Tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal kesehatan yakni, pertama, pelayanan kesehatan pada ibu hamil; kedua, pelayanan kesehatan pada ibu bersalin.
 
Jack Mawo (tengah)
Standar ketiga, pelayanan kesehatan pada bayi baru lahir; keempat, pelayanan kesehatan pada balita; kelima, pelayan kesehatan pada anak usia pendidikan dasa; keenam, pelayanan kesehatan pada usia produktik; ketuju, pelayanan kesehatan pada orang lanjut usia.

Selanjutnya standar kedelapan, pelayanan kesehatan pada penderita hipertensi;  kesembilan, pelayanan kesehatan pada penderita diebetes miletus; kesepuluh, pelayanan kesehatan pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ);  kesebelas, pelayanan kesehatan pada penderita TB; dan keduabelas, pelayanan kesehatan pada penderita HIV/AIDS.
 
Forum minilok
Kepala puskesmas Waepana, Kecamatan Soa, Etty Kromen dalam sapaannya mengatakan, Puskesmas Waepanan sebelum masuk pada hari minilok, mereka sudah menggelar praminilok Puskesmas. Bahkan dalam praminilok mereka, Puskesmas Waepana sudah berpikir tentang Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan kesepakatan sebagai rencana kerja tindak lanjut (RKTL). "Sebelum minilok pada hari ini, kami sudah melaksanakan praminilok kemarin,” jelas Etty

Pantauan awak media Vigonews com, tampak hadir dalam kegiatan ini, kepala seksi promkes Ngada Yohanes Fiany Wonga, Mentor Pemberdayaan Kesehatan masyarakat Yohanes Donbosko Ponong, staf Dinkes  Ngada Martinus V. Ndona, dan semua petugas kesehatan puskesmas Waepana.(ydb)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :