Vigonews

Pesan Kekerabatan Pramuka Penegak KAE dari Tuakazu Soa



SOA, VIGONEWS.COM - Pekan Kekerabatan II Pramuka Penegak  dan Pendega sekolah-sekolah Katolik se-Keuskupan Agung Ende (KAE) digelar di Bumi Perkemahan Sanjos di Tuakazu, Soa, Jumat (27/04/2018).

Kegiatan perkemahan yang berlangsung 26 – 29 April itu dibuka oleh Asiaten Bidang Administrasi Setda Ngada Dra, mengangkat tema: ‘Rovering to Succes’ – berjuang menuju sukses.

Usai apel dilanjutkan dengan peninjauan bumi perkemahan menyusul kegiatan pekan kekerabatan selama empat hari itu.
 
Foto: Ano
Ekspresi kegembiraan generasi muda
Pekan kekerabatan diikuti anggota pramuka penegak dan pendega dari sembilan sekolah Katolik di KAE Ende, lebih dari 300 orang. Hadir pada saat itu Sekcam Soa Wilson Siga,  Ketua TKK - MPK (Tim Kerja Keuskupan - Majelis Pendidikan Katolik KAE Rm. Daniel Aka, para pembina, guru, tokoh masyarakat dan siswa SD dari sekolah terdekat.

Kelompok Strategis

Dalam laporan kegiatan, Rm. Daniel Aka, Pr menyampaikan penyelenggaraan kegiatan pekan kekerabatan sebagai wahana membina persaudaraan dan menumbuhkan karakter generasi muda. Gereja, kata Rm. Daniel menaruh harapan besar pada generasi muda sebagai salah satu kelompok strategis yang menjadi program pastoral di KAE.
 
Foto Son Baym
Salah satu kontingen Pekan Kekerabatan Pramuka Penegak KAE
Pada bagian lain, Rm. Daniel menyampaikan bahwa kegiatan ini direspons oleh Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr. Respons dimaksud, karena melalui kegiatan selama empat hari ini menjadi momentum strategis bagi anak muda menanamkan nilai-nilai dalam pembentukan karakter.

“Ini juga sejalan dengan program Nawacita Presiden Jokowi, yang juga diimplementasi dalam Kurikulum 2013 dimana Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah,” papar Rm. Daniel.
 
Foto;Son Baym
Salah satu kontingen Pekan Kekerabatan Pramuka Penegak KAE
Melalui kegiatan semacam ini, terbentuk generasi muda yang berkarakter dan berbudaya melalui pendidikan nor formal, dalam menghadapi tantangan global. Dan Gereja, khususnya di KAE terpanggil mengisi dan menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan.

Terkait dengan pelaksanaan Pekan Kekeraban Pramuka KAE di Sanjos Soa, Rm. Daniel memberi apresiasi kepada masayarakat Soa yang menyambut kegiatan ini dengan hangat dan antusias. Ini bentuk kepedulian orang Soa akan pentingnya membangun generasi muda yang kaya akan nilai.
 
Foto: Son Baym
Salah satu kontingen Pekan Kekerabatan Pramuka Penegak KAE
Sambutan Masyarakat

Rm. Daniel mengaku amat terkesan, ketika Sembilan rombongan dari sembila sekolah peserta disambut dengan ritual adat sekitar 700 meter dari lokasi bumi perkemahan di Tuakazu. Melalui ritual adat dan doa, kontingen disambut dengan meriah tarian jai, kemudian berjalan kaki hingga bumi perkemahan melewati rimbunan hutan bambu yang sejuk. Nuansa ini memberi kesan dan pesan bahwa kegiatan ini benar-benar menanamkan nilai bagi pertumbuhan karakter generasi muda.

Kegiatan ini dibuka dengan misa konselebran dengan selebran utama Rm. Yos Daslan, Pr, dihadiri para tokoh umat, tokoh adat dan tokoh masayarakat di wilayah Soa.
 
Foto: Son Baym
Sambutan meriah dengan tarian Ja'i
Selain mengembangkan sikil kepramukaan, kegiatan pekan kekerabatan juga diisi dengan sejumlah materi, di antaranya: pengenalan Jurnalistik; Pendidikan Karakter; Penggunaan Kompas dan JPS; pengelolaan sangga dan ambalan, kepemimpinan dan kerja sama; pengenalan Saka Bayangkara; pembuatan hasta karya kerajinan tangan; Manajemen sanga kerja dan dewan ambalan, forum penegak; PBB; kuliner khas daerah masing-masing; permainan tradisional; api unggun; dan eksplorasi budaya serta hiburan lainnya

Merekatkan Persaudaraan

Sementara Kepala SMK Santo Joseph (Sanjos) Soa, Danianus Tena menjawab vigonews.com menyampaikan terima kasih kepada TKK-MPK serta seluruh paitia tingkat kevikepan dan kabupaten Ngada yang menjadikan Tuakazu sebagai lokasi pekan kekerabatan.
 
Foto: Son Baym
Dukungan tokoh adat dan tokoh masyarakat Soa
Melalui kegiatan ini, kata Damianus, memberi nuansa yang beda bagi generasi muda. Anak-anak belajar mandiri dan sisiplin. Tentu saja kebersamaan ini merekatkan persaudaraan antar generasi muda dari berbagai sekolah Katolik di Keuskupan Agung Ende.

“Sebagai sekolah baru, Sanjos Soa yang merupakan sekolah kejuruan dengan konsentrasi pertanian dan peternakan, ditumbuhkan spirit membangun generasi yang berkarakter. Ketika terjun ke masyarakat nanti mereka menjadi petani modern yang berkarakter,” kata Damianus. (ch)***



Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :