Vigonews

Panen Padi Organik di Soa Memuaskan



BAJAWA, vigonews.com – Panen padi organic, Rabu (04/04/2018) berlangsung di lahan milik Yohanes Luda di areal persawahan Radawea, Kecamatan Radawea.  Padi organic di atas lahan seluas 25 are itu merupakan kerja sama/pendampingan Stockis NASA Bajawa.

Panen padi ini merupakan hasil dari proses kerja sama dan sinergi yang baik, Stokckist Nasa Bajawa dan Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Ngada. Kerja sama ini bertujuan mendorong petani untuk terus menekuni bidang pertanian dengan mengubah pola tanam lama yang bersifat full-kimia untuk berangsur kembali ke pola tanam organik secara bertahap.

Dalam sambutannya, Pengelola Stockis Bajawa, Paskalis menyatakan bahwa kegiatan ini untuk mewujudkan kepedulian sosial kepada para petani dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Dikatakan Paskalis, Para stockist NASA (Natural Nusantara) tidak hanya menjual produk Organik NASA kepada para petani, tetapi lebih dari itu kami melakukan bimbingan dan pengawasan kepada para petani yang telah membeli produk NASA (Natural Nusantara) agar para petani tidak salah dalam mengaplikasikan Pupuk dan pengobatan Produk NASA (Natural Nusantara) dan pada akhirnya hasil pertanian mereka bisa meningkat. Bimbingan dan pengawasan ini dilakukan sejak awal dari persiapan benih sampai pada tahap pasca panen.

Sementara pemilik sawah, Yohanes Luda mengatakan bahwa, selama ini dirinya mengandalkan pupuk dan pestisida kimia. Ternyata menggunakan pupuk dan pestisida kimia sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Kita ingin mematikan rumput, dan membunuh penyakit pada tanaman, namun tanpa disadari kita sendiri yang mati duluan karna racun. Setelah menyadari akan dampak-dampak ini makanya saya memutuskan untuk menggunakan pupuk Organik Nasa (Natural Nusantara). 

“Dulu saya ragu akan kualitas pupuk organik Prodak NASA (Natural Nusantara) ini, namun sering mendapatkan bimbingan daei para stockist NASA (Natural Nusantara) keraguan itupun hilang dengan sendirinya,” papar Yohanes.

Lebih lanjut dikatakan Yohanes bisa dilihat pada hasil panen hari ini. Sebelum biasanya dari lahan ini hanya menghasilkan panenan  15 karung. Namun setelah menggunakan Pupuk Organik Produk Nasa hasilnya meningkat menjadi 25 Karung.

“Selain hasil padi meningkat, kami juga memperoleh pengalaman baru budidaya padi perlakuan organik dan pemahaman mengenai dampak negatifnya dari para stockist NASA,” kata Yohanes. ***

Laporan         : Apolonaris Soa Bai

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :