Vigonews

Kades Wololika Apresiasi CERMAT Baru, dengan Misi Pendidikan & Literasi



Sekretaris Lembaga RLC Don Bosko Ponong, menyerahkan majalah CERMAT terbitan baru kepada Kades Wololika, Viktor Noli -  

BAJAWA, vigonews.com – Kepala Desa Wololika, Kecamatan Bajawa Utara (Batara) Viktor Noly Dore memberi apresiasi terbitnya CERMAT baru. Cermat  adalah media pendidikan dan literasi yang sejak 2013 terbit dwimingguan. Sejak edisi Maret 2018, CERMAT terbit transformasi menjadi majalah pendidikan dan literasi – terbit bulanan.

Menurutnya, media Cerdas bermartabat (CERMAT) ini bakal menyuarakan hal-hal yang unik yang dilakukan di desa dalam nuansa pendidikan dan literasi. Apresiasi itu disampaikan Viktor ketika menerima Sekretaris Lembaga Rumah Literasi Cermat (RLC) di kantornya, Kamis (05/04/2018).

Dikatakannya,  kehadiran media CERMAT di masing-masing desa bakal membantu meningkatkan kapasitas pemerintah desa dan BPD. Dirinya juga meminta kepada awak media CERMAT dalam Lembaga RLC yang juga menerbitkan media online vigonews.com dan GITA DESA,  agar selalu antar media  ini ke desanya, guna mendekatkan informasi kepada masyarakat.
 
Majalah Pendidikan & Literasi CERMAT 
Dirinya berjanji untuk tahun 2019 akan menganggarkan melalui dana desa Wololika pada bidang pemberdayaan untuk langganan media CERMAT  dalam jumlah yang lebih banyak. Dia juga mengatakan, miris apabila dana desa digunakan hanya untuk infrastruktur dan mengabaikan aspek pemberdayaan.

"Tolong antar setiap edisi, dalam jumlah yang lebih banyak di antar ke sini. Supaya perangkat desa dan BPD bisa baca semua. Kedepan dana desa di sini fokus pemberdayaan dalam rangkat penggembangan sumber daya manusia," kata Viktor Noly

Pada kesempatan yang sama, sekretaris Lembaga RLC  Yohanes Don Bosko Ponong mengatakan, mewakili Lembaga RLC  dirinya patut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kepala desa Wololika yang sudah bersedia langganan media CERMAT sebagai media informasi dan edukasi.

Bagi mantan ketua PMKRI Ngada ini, sikap respek media yang ditunjukkan oleh kades Wololika adalah sesuat yang baru yang sepatutnya ditiru oleh desa lain di kabupaten Ngada. Don Bosko yang juga ketua  AMPERA ini melanjutkan, literasi mesti tumbuh juga di kalangan perangkat desa dan BPD agar tidak ketinggalan informasi dan menjadi melek terhadap berbagai informasi. "Sikap respek yang ditunjukan oleh kades Wololika, semestinya ditiru oleh desa lain di kabupaten Ngada," tutur Bosko

Pada kesempatan itu, Bosko menyerahka 5 eksemplar majalah CERMAT kepada kepala desa Wololika untuk berlangganan.***

Laporan: Agustinus Lando

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :