Vigonews

SMPN 1 Bajawa Apresiasi Budaya Melalui PLSBD



BAJAWA, vigonews.com – Sebanyak 248 siswa kelas IX SMPN 1 Bajawa mengikuti ujian praktik Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya Daerah (PLSBD). Kegiatan ini tidak sekedar mendapat nilai tetapi sebagai wahana pembentuka karakter siswa melalui apresiasi budaya.

Demikian dikemukakan guru mata pelajaran PLSBD, Prasedis B. Meo menjawab vigonews.com di sela-sela ujian praktik mata pelajaran PLSBD, Jumat (16/03/2018).

Dikataka Prasedis B. Meo budaya warisan nenek moyang banyak mengandung nilai yang mengatur kehidupan. Melalui kegiatan ujian praktik ini, anak tidak hanya memperoleh nilai tetapi mereka juga akan menemukan nilai kebudayaan bagi kehidupan. “Karena melalui kebudayaan yang dilestarikan, dihayati dapat membentuk karakter. Dan disitulah kita menemukan jati diri kita,” katanya.

Sementara Kepala SMPN 1 Bajawa  Maria C Imelda mengatakan, budaya mesti dilestarikan untuk kehidupan. “Budaya dan adat istiadat mesti diangkat dilestarikan, terutama di kalangan remaja saat ini. Sehingga nilai-nilainya juga terus diwariskan sebagai suatu kebaikan,” kata Imelda saat membuka kegiatan ujian praktik siswa kelas IX.
 
Tarian ja'i Bajawa
Sebanyak 248 siswa kelas IX SMPN 1 Bajawa terlibat melaksanakan ujian praktik mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya (PLSBD)  dalam tarian Jai. 
Lenggak-lenggok dengan senyuman bahagia akan warisan leluhur diperagakan para remaja Spensa. Ini membuktikan rasa cinta leluhur dengan cara terus menjaga melanjutkan karya nenek moyang dalam tarian ja’i di pelataran SMPN 1 Bajawa.

Faustyn Y. Wale salah seorang  siswa kls IX mengatakan: “kami senang dapat nilai ujian praktik PLSBD dengan cara menari ja’i. Di sini kami belajar mengenal budaya leluhur Ngada, kami sangat mencintai Ngada dengan segala warisannya tutur, Faustin.***

Oleh: Uno Ignatio

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :