Vigonews

SMPK Regina Pacis Gelar Turnamen Voli Recis Cup II




Pertandingan perdana pada gelar Turnamen voli Recis Cup II -  

BAJAWA, vigonews.com -  Sebanyak 24 tim voli dari 12 sekolah dasar (SD) mengikuti turnamen Voli SMP Katolik Regina Pacis (Recis Cup). Turnamen yang digelar untuk kedua kalinya itu secara resmi dibuka Ketua Yasukda Ngada, RD. Daniel Aka, Rabu (21/03/2018).

Recis Cup mulai digelar tahun 2017 lalu, dan akan menjadi turnamen tahunan di sekolah ini. Mulai Recis Cup II, turnamen bola voli yang melibatkan tim-tim sekolah dasar di Kota Bajawa dan sekitarnya bakal digelar rutin dan menjadi turnamen voli kebanggaan para tim dari berbagai SD.

Gagasan menggelar turnamen ini sebagai terobosan sekolah yang bernaung di bawah Yasukda ini guna mengembangkan minat, bakat dan sikap sportivitas di kalangan siswa. Pada Turnamen Recis II tahun ini melibatkan 24 tim, masing-masing 12 tim putra dan 12 tim putri.

Ketika membuka turnamen Recis II, Ketua Yasukda Ngada, RD. Daniel Aka mengatakan, dengan gelar turnamen seperti ini,  siswa dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik dan motorik. Ada banyak nilai dibalik kegiatan turnamen seperti ini. Kecerdasan anak dan guru diuji dalam turnamen ini. Ini even persaingan positif. Keberhasilan pendidikan tidak hanya bergantung pada guru, tapi juga pada siswa, dalam mengembangkan berkarakter, dan olah raga merupakan bagian dari pengembang karakter itu.

Sementara Kepala SMPK Regina Pacis Bajawa Philipus Lusi mengatakan, turnamen voli adalah ruang bagi lahirnya atlet-atlet baru. Karena itu, ia mengajak para peserta agar menghargai keunggulan team lain. Karena itu, turnamen ini diharapkan dapat membangun jiwa kebersamaan, kekeluargaan. Menumbuhkan rasa tanggung jawab,hidup sehat dan gemar berolahraga.
 
Turnamen voli Recis Cup II
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Bajawa Yustinus Minggu yang hadir pada kesempatan itu memberi apresiasi kepada SMPK Regina Pacis yang menggelar turnamen ini. Dia berharap turnamen ini dapat berlangsung terus karena melalui kompetisi semacam ini dapat menumbuhkan nilai dalam membentuk karakter siswa.

Melalui Recis Cup, kata Yustinus, dapat memberi ruang kepada para atlet dari berbagai SD di Kecamatan Bajawa dalam mengembangkan minat dan bakat mereka. “Kita bangga atas beberapa sekolah yang memberi ruang kepada siswa SD melalui kompetisi sebagai ajang pengembangan minat dan bakat siswa. Pengalaman membuktikan bahwa pengembangan minat dan bakat dimulai dari ruang kecil,” kata Yustinus.

Dia berharap para siswa peserta turnamen dapat menggunakan momen ini untuk mempererat persaudaraan antar siswa sekolah. “Pandang sesama tim sebagai lawan belajar untuk memperbaiki kekurangan. Melalui wahana olah raga terjalin ikatan batin antar siswa Recis dengan siswa SD. Buktikan kalau kalian memiliki bakat,” pinta Yustinus.

Kepada para pendamping dan pelatih, Yustinus minta agar dapat memberi dorongan dalam menciptakan sikap sportifitas. Jangan sampai anak yang bertanding, malah guru yang berkelahi. Karena itu kehadiran guru dan pendamping harus menjadi teladan dalam membina sportifitas. Melalui  momen olah raga ini selain mengembangkan minat dan bakat  anak tetapi juga mengukur kemampuan olah raga para guru pendamping dan pelatih. Karena di balik siswa prestasi ada guru yang hebat.
 
RD. Daniel Aka ketika membuka turnamen
Turnamen ini kata Ketua Panitia pelaksana  M.Ferdinando Edison Doy, bertujuan untuk meningkatkan bakat dan prestasi olahraga siswa sekolah dasar dan menumbuhkan semangat sportivitas, disiplin, kerja keras dan semangat kerja sama. Dari kegiatan ini diharapkan kelak akan melahirkan atlet-atlet  berprestasi dan berbakat. Namun lebih dari itu dapat mempererat rasa persaudaraan antar sesama pelajar SD.

Turnammen akan berlangsung sejak 21 – 27 Maret 2018 dengan konsentrasi di lapangan voli lebijaga dan lapangan SMPK Regina Pacis Bajawa. Kompetisi kali ini melibatkan masing-masing dua tim dari SDK Bejo, SDI Dolumolo, SDN Radha, SDK Kisanata, SDK Naru, SDI Loboleke, SDN Watutura, SDK Ngoranale, SDI Waturutu, SDK Wolowio, SDK Tanalodu dan SDK Regina Pacis.

Dijelaskan Edison, pertandingan menggunakan system setengah kompetisi dengan tiga set pada babak penyisihan hingga  delapan besar. Selanjutnya pertandingan dengan lima set di babak semi final dan final.

Usai pembukaan turnamen, digelar pertandingan perdana antara tim putra SDK Tanalodu melawan tim putra SDI Lobo Leke. Sementara tim putrid SDK Bejo berhadapan dengan tim putrid SDK Ngoranale.

Turnamen voli Recis Cup II yang dibuka RD Daniel Aka juga dihadiri  para kepala SD peserta, guru-guru olah raga dan pendamping dari masing-masing sekolah.***

Oleh: Ira Ignamari Dolaradho
Guru SMP Katolik Regina Pacis

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :