Vigonews

Sekolah di Golewa Barat vs STKIP Citra Bakti Gelar Olimpiade MIPA

Olimpiade MIPA digelar di Cabang Dinas Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada -  


GOLEWA, vigonews.com – Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Golewa Barat (Golbar) bekerja sama dengan STKIP Citra Bakti gelar Olimpiade MIPA, Senin (12/03/2018).

Kegiatan kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Golbar Benediktus Lagho, Spd. guna melakukan seleksi mutu sekolah-sekolah di Kecamatan Golewa Barat. Hal itu dikemukakannya menjawab vigonews.com melalui sambungan telephon, Kamis (15/03/2018). Kegiatan itu menyasar siswa kelas IV dan V SD, Senin (12/03/2018) di dua gugus.

Sementara Ketua Program Studi PGSD STKIP Citra Bakti Yosefina Uge Lawe, M.Pd kepada vigonews.com menjelaskan, kompetisi ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan matematika dan IPA di SD/MI secara komprehensif dengan menumbuhkembangkan budaya belajar, kreatifitas, motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas.

Selain itu sebagai wahana bagi siswa mengembangkan minat di bidang matematika dan IPA sehingga dapat berkreasi dan berinovasi sesuai dengan kemampuannya. Memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual. Dan, menjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta Internasional Mathematic and Science Olympiad (IMSO).
 
Para peserta, guru, dan para dosen STKIP Citra Bakti
Menurut Uge Lawe, kegiatan dilakukan dalam dua babak, yakni: babak penyisihan, dan babak final. Dengan jumlah peserta di babak penyesihan sebanyak 501 siswa dari 11 di Golbar dengan peserta kelas IV 240 dan kelas V 261 peserta. Selanjutnya pada babak final melibatkan peserta 100 peserta masing-masing 50 siswa masing-masing kelas.

Lebih rinci, Dikatakan Benediktus, kegiatan yang berlangsung di Gugus 1  Golewa Barat 5 diikuti sekolah-sekolah: SDI Welu, SDK Naidewa,SDI Warikeo, SDN Dizigedha dan SDI Ngedumee bertempat di SDI Ngedume. Sementara Gugus 2 masing-masing SDN Zeu, SDK Mangulewa, SDK Rakalaba, SDN Sobo, SDI Waruwaja, dan SDI Turekisa bertempat di SDI Turekisa.

Lebih lanjut Benediktus menjelaskan, kegiatan kompetisi MIPA ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dan seleksi untuk pemetaan mutu baik perorangan maupun kelembagaan.”Untuk mendapatkan hasil yang valid maka semua penyusunan kisi-kisi dan soal sampai penilaian diserahkan ke Pihak kampus Citra Bakti,” jelasnya.

Kerjasama ini, lanjut Benediktus, dibangun sesuai kesepakatan Cabang Dinas Kecamatan Golewa Barat bersama para kepala sekolah di Golbar dengan STKIP Citra Bakti Ngada sejak awal Tapel 2017/2018. Ada 10 peserta terbaik sesuai kelas akan dipersiapkan untuk uji kompetensi tingkat Kabupaten.
 
Para dosen dari Prodi PGSD STKIP Citra Bakti
Selain lomba MIPA, juga  dilangsungkan lomba Calistung (baca, tulis, hitung)  kelas 1 s/d lll. kelas II telah dilaksanakan sejak akhir Januari hingga minggu ke 2 Februari. Sementara kompetisi extrakurikuler seperti  lomba kesenian: jai kreasi,tabuh gong gendang, musik anssambel, paduan suara, olahrga , ritual  ‘zia ura ngana’  yang akan diselenggarakan minggu ke-4 April 2018 menjelang Hardiknas tahun 2018.

Sebagai bentuk kepedulian cinta lingkungan, ada juga kegiatan cinta sampah (pilih sampah masal) spanduk bertuliskan jangan buang sampah di sembarang tempat. Kerjasama dengan pihak Puskesmas Mangulewa untuk lomba sekolah sehat yang telah berjalan selama 3 tahun sejak 2014/2015.

Untuk mencapai tujuan ini banyak pihak yg membantu baik langsung maupun tdk langsung. Dengan demikian sebagai cabang dinas dan pengawas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Camat Golewa Barat, Kapus Mangulewa, Ketua STKIP Citra Bakti Ngada melalui Ketua Prodi PGSD, para  kepala sekolah dari tingkat TK/Kober,SD dan SMP,  media massa, para guru dan orang tua murid yang sudah mendukung semua kegiatan.***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :