Vigonews

Rinu Romanus: Jangan Remehkan Tahapan Evaluasi



Rinu Romanus memimpin rapat evaluasi RAT Kopdit Sangosay

BAJAWA, vigonws.com – Kopdit Sangosay baru saja menggelar RAT pekan lalu. Beberapa hari setelah itu, pengurus, manajemen dan panitia langsung melakukan evaluasi kegiatan. Kultur semacam ini yang terus dihidupi oleh keluarga besar Sangosay. Maka tak heran jika kegiatan semakin berkualitas – hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Ketua Kopdit Sangosay, Rinu Romanus ketika memimpin rapat kegiatan evaluasi kegiatan RAT,  Selasa (27/03/2018) di kantor pusat Sangosay menekankan pentingnya kegiatan evaluasi pada setiap akhir kegiatan. Evaluasi menjadi wahana strategis untuk terus melihat kembali kekuranngan dan menjadi catatan pada kegiatan-kegiatan berikutnya. Karena itu jangan remehkan tahapan evaluasi.

“Banyak orang sering mengabaikan tahapan evaluasi. Asal kegiatan sudah selesai, apakah itu berjalan baik atau sebaliknya tidak pernah diberi catatan atau evaluasi. Padahal evaluasi juga jadi alat ukur seberapa kemampuan kita menyelenggarakan kegiatan dan seperti apa kegiatan berikutnya,” tegas Romanus.

Menurut Romanus, evaluasi terhadap pelaksanaan RAT wajib dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan yang sudah dilaksanakan mencapai tujuan atau belum. Di samping itu, evaluasi pelaksanaan RAT  juga berperan penting guna mengetahui apakah peserta dapat mengukuti dengan baik, dan apakah pengurus, manajemen dan panitia sudah melayani dengan baik.

“Kegiatan yang berlangsung lancer bisa membuat kita senang. Kebahagiaan itu lahir ketika kita mampu menyelesaikan suatu pekerjaan secara kolektif dengan penuh tanggung jawab," kata Rinu Romanus.
 
Suasana rapar evaluasi
Kegiatan evaluasi yang biasanya disertai rasa syukur dalam pembubaran panitia  ini merupakan kebiasaan yang sudah menjadi kebutuhan bagi Kopdit Sangosay. Karena lewat kebiasaan rapat bubar panitia mengandung banyak hal dan nilai yang harus didiskusikan, dilengkapi dan direfleksikan untuk kegiatan RAT yang akan datang.

Sementara, Penasehat Kopdit Sangosay, RD. Daniel Aka mengatakan, melalui kegiatan semua komponen yang terlibat  dapat saling  beri masukan dari setiap seksi, sehingga yang sudah baik dipertahankan, sedangkan yang belum baik perlu dibenahi. Sehingga pertemuan pembumbaran panitia menjadi bermartabat dan memiliki nilai edukatif.

Pada kesempatan itu, Fince Sawu, mengusulkan agar Sangosay perlu  memiliki media untuk mewartakan tentang Sangosay agar makin dikenal dan dicintai banyak orang dan dapat membentengi Sangosay dalam persaingan yang sehat dengan berbagai lembaga keuangan lainnya.

Menanggapi hal itu,  Romo Dan mengatakan  bahwa media itu penting, selain untuk mewartakan Sangosay, tetapi juga dapat menghidupkan semangat literasi koperasi.

Diakhir pertemuan, Ketua Kopdit Sangosay Rinu Roamnus berharap agar RAT setiap tahun harus lebih baik. Teruslah membangun kerja sama yang solid dilandasi kasih dan tanggung jawab memajukan Kopdit Sangosay.***

Laporan Kontributor: Bonefasius Zanda

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :