Vigonews

Panen Kedelai Memuaskan, ‘Suka Maju’ Mau Maju Terus



Panen kedele di Soa. Gara-gara Kedelai, 'Suka Maju' mau maju terus -  

SOA, vigonews.com – Kelompok Tani Suka Maju, Desa Masu Kedhi, Kecamatan Soa, laksanakan panen raya kedelai, Selasa (22/03/18) di lahan milik kelompok  di Tua Wale, Wo'o Kolo, Desa Bogoboa.

Kegiatan panen kedele itu dipimpin Kadis Pertanian Kabupaten Ngada, Paskalis Wale Bai dan dihadiri instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngada, PPL Kecamatan  Soa, anggota kelompok tani Suka Maju, dan masyarakat Desa Masu.

Kadis Pertanian Paskalis Wale Bai pada kesempatan itu mengatakan bahwa Kecamatan Soa merupakan salah satu wilayah di Ngada yang berpotensi mengembangkan tanaman kedelai. “Terbukti hari ini kelompok tani Suka Maju mampu melakukannya dan memberikan hasil panen yang terbaik,” kata dia.

"Kami berterima kasih kepada kelompok tani Suka Maju atas respon positifnya yang telah menerima program pemerintah  untuk mengembangkan tanaman kedelai. Kelompok tani Suka Maju merupakan contoh bagi kelompok lain dalam hal pengembangan tanaman kedelai,” tambah Paskalis.
 
Panen kedelai di lahan kelompok tani 'Suka Maju' Soa
Anggota kelompok tani Suka Maju juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pertanian yang mendampingi pengembangan kedele di kelompoknya. "Kami terima kasih kepada dinas pertanian dan  BPS serta  PPL yang telah hadir mengikuti kegiatan panen perdana hari ini,” papar Agus salah seorang anggota kelompok.

Menurut Agus lagi, kegiatan pengembangan kedelai guna menjawapi program pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan areal tanam. Budidaya tanaman kedelai hemat waktu, biaya, dan tenaga serta hasilnya benar benar menjanjikan yang dapat meningkatkan pendapatan para petani.

“Jika hari ini kelompok tani Suka Maju tanam dua hektar, kami pastikan untuk musim berikutnya bisa mencapai 6-7 hektar. Namun kami tetap membutuhkan bimbingan dan pengawasan dari dinas pertanian agar kegiatan hari ini dapat berjalan terus,” tambah Agus.

Oleh: Apolonaris Soa Bai

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :