Vigonews

Kepsek SDK Tanalodu, Ros Goyu: “Terima Kasih Takola”



Rosa Dalima Goyu, Kepala SDK Tanalodu -  

BAJAWA, vigonews.com - SDK Tanalodu, Bajawa sebagaimana dikemukakan Kepala Sekolah itu, Rosa Dalima Goyu, S.Pd memberi apresiasi atas program Tata kelolah sekolah (Takola) SD dalam mengatasi masalah prasarana sekolah yang diluncurkan Kemendikbud RI.

Baca juga: Takola, Bangun Gedung Sekolah Libatkan SMK

Demikian dikemukakan Ros, menjawab vigonews.com di ruang kerjanya, Selasa (20/03/2018). “Kami merasa program ini tepat sasaran dan membantu pihak sekolah untuk mengatasi masalah prasarana sekolah yang perlu dibenahi,” katanya.

Menurut Ros, dengan program Takola pihaknya tak perlu repot-repot membuat proposal.  Karena tim Takola sebagai tim teknis dari SMK Sanjaya langsung melakukan survey terhadap obyek bangunan yang akan direhab. Melalui survey itu, tim teknis akan melakukan analisis tingkat kerusakan berdasarkan data Dapodik. Sarana apa yang ada, apa yang tidak ada, selanjutnya apa yang rusak yang perlu direhap.
Gedung yang direhab melalui program Takol
Selanutnya, kata Ros, tim teknis akan mengirim data melalui aplikasi online ke Kemendikbud, dan setelah disetujui dana akan turun sesuai dengan survey dan RAB yang sudah dilakukan tim teknis. Saat pengerjaan, tim teknis akan melakukan pengawasan terhadap proses rehab dengan system swakelola. “Dengan Takola, urusan rehabilitasi sarana bangunan akan lebih mudah, dan lebih simple. Kita terima kasih karena ada program Takola,” kata Ros.

Untuk diketahui, pembangunan sarana dan prasarana SD  oleh Kemendikbud akan dikawal sepenuhnya oleh system aplikasi Takola (Tata kelola sekolah). Di kabupaten Ngada pembangunan sarana dan prasarana ini sudah mulai dilaksanakan tahun 2017, dan hingga saat ini sudah 25 sekolah yang dibangun dengan system ini.
 
Gedung yang direhap melalui program Takola
Program ini di Kabupaten Ngada bersinergi dengan revitalitasi SMK Sanjaya Bajawa, yakni dengan memanfaatkan SDM dari SMK yang memiliki kompetensi keahlian Teknik Bangunan. Hasil pemetaan, verifikasi, hingga proses pembangunan akan dimasukkan dalam sistem aplikasi Takola yang telah dipersiapkan.

Dengan adanya aplikasi Takola SD ini diharapkan data sarana dan prasarana yang dihasilkan lebih akurat, sehingga nantinya tidak ada lagi gedung sekolah yang rusak karena tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. (edj) ***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :