Vigonews

Kadis Pendidikan Vinsensius Milo, Dukung Terbentuknya Agupena Ngada



Kadis Pendidikan Kabupaten Ngada, Vinsensius Milo mendukung terbentuknya Agupena Ngada -  

BAJAWA, vigonews.com – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Vinsensius Milo, Senin (19/03/2018) menerima pengurus Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang persiapan Ngada. Pengusus Agupena Cabang Persiapan diwakili oleh Ketua Agupena Ngada Ignasius Sabinus Satu, Sekretaris Bonefasius Zanda dan Penasehat Agupena Ngada Emanuel Djomba.

Pada kesempatan itu, selaku penggagas Agupena Ngada, Emanuel Djomba dan Ignasius yang biasa disapa Uno melaporkan para pengurus persiapan Agupena calon Cabang Ngada kepada Kadis Pendidikan Vinsensius Milo, dan menyerahkan daftar nama pengurus Agupena calon Cabang Ngada.

Sebagaimana dikemukakan Emanuel Djomba yang juga Pengajar Jurnalistik STKIP Citra Bakti Ngada itu, pembentukan pengurus Agupena Calon Cabang Ngada sudah dilakukan setelah mendapat restu dari Ketua Agupena Propinsi NTT, Thomas Sogen.

Atas saran dari Ketua Agupena NTT, terbentuklah pengurus Agupena calon Cabang Ngada yang dilengkapi dengan tiga bidang kerja. Selanjutnya dengan restu itu Agupena calon cabang Ngada melakukan audensi dengan Kadis Pendidikan Ngada.
Para penggagas Agupena Ngada  dalam diskusi mingguan di Rumah Literasi Cermat Ngada
Pada kesempatan itu selaku Ketua Agupena calon cabang Ngada Ignatius atau Uno menyerahkan daftar nama pengurus, dan menyampaikan program kerja yang akan dilakukan setelah dikukuhkan. Selain itu, Uno juga menyampaikan rencana pengukuhan penguru oleh Ketua Agupena NTT dalam waktu dekat.

Menanggapi hal itu, Kadis Pendidikan Kabupaten Ngada Vinsensius Milo memberi apresiasi yang sebesar-besarnya atas inisiatif sejumlah guru dan pegiat literasi Ngada yang akhirnya mewujudkan wadah untuk peningkatan kapasitas guru di Ngada.

Menurut dia, ruang peningkatan kapasitas mesti terus didorong termasuk melalui wadah Agupena bagi para guru mengisi skils menulis, karena itu juga sebagai tuntutan bagi guru sebagai syarat kenaikan pangkat.

“Saya salut atas inisiatif membentuk agupena di Ngada. Dan, saya siap mendukung kegiatan Agupena sehingga berkembang di Ngada. Bagi saya guru harus terus ditingkatkan kapasitasnya. Karena mutu pendidikan yang baik ditentukan oleh guru. Di balik siswa prestasi ada guru yang hebat,” kata Sensi Milo.

Di bagian akhir, Sensi Milo mengatakan, wadah Agupena Ngada nantinya diharapkan akan ikut menggemakan kegiatan literasi di Kabupaten Ngada sebagaimana selama ini digemakan Rumah Literasi Cermat Ngada yang juga menerbitkan Media Pendidikan & Literasi Cermat.***

Oleh Bonefasius Zanda
Agupena Ngada

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :