Vigonews

Guru, Tenaga Andal Bahasa Memperkuat Jati Diri Bangsa



Penyuluhan Kemahiran Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Ngada -  

BAJAWA, vigonews.com - Guru adalah sosok mulia, agen perubahan bangsa. Demikian dikemukakan Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT  Valentina Lovina Tanate, dalam menutup rangkaian Kegiatan Penyuluhan Kemahiran Bahasa Indonesia bagi Tenaga Kebahasaan dan Kesastraan Kabupaten Ngada, Jumad (23/3/2018) di SDK Tanalodu.

Berita terkait: 
40 Guru di Ngada Ikut Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia

Valentina mengatakan bahwa,  kegiatan yang dilaksanakan adalah substansi kebahasaan itu sendiri. Selama ini guru sibuk mengurus perangkat pembelajaran, maka Kantor Bahasa NTT memandang perlunya penyegaran substansi disiplin ilmu bagi guru karena guru merupakan tenaga andal bahasa untuk mencerdaskan, memperkukuh jati diri, karakter dan martabat bangsa. 

Sesuai dengan Permendikbud No.24 Thn. 2015 yang menjelaskan bahwa sekolah wajib menjalankan kegiatan literasi selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, karena di dalam kegiatan berliterasi itulah, karakter budi pekerti dibentuk. Karena itu, sumber bacaan harus diseleksi guru agar tidak bermuatan pornografi, kekerasan dan sara.

Dia berharap setelah guru yang sudah dilengkapi, disegarkan, disuluh, dikuatkan agar melanjutkan untuk melengkapi siswa di sekolah. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ngada.***

Laporan kontributor: Uno Ignatio Ignamarry

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :