Vigonews

GMNI Cabang Ngada Gelar PPAB/LKTD



Ketua GMNI Cabang Ngada, Benediktus Tengka -  

MATALOKO, vigonews.com – Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) dan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Ngada berlangsung 23 – 25 Maret 2018 belum lama ini. Melalui PPAB/LKTD itu, GMNI Cabang Ngada membentuk 32 kader barunya. Mereka dibentuk sebagai kader yang nasionalis, progresif dan berwatak kerakyatan

Kegiatan tersebut, kata Ketua Panitia kegiatan Mariano Unde, Sabtu (24/03/2018) diikuti oleh 23 mahasiswa, 22 di antaranya dari kampus STKIP Citra Bakti dan seorang lainnya dari kampus Undana Bajawa. “Karena itu pada pekan penerimaan anggota angkatan kedua ini, kegiatan dipusatkan di STKIP Citra Bakti, dan menjadi basis GMNI Ngada,” kata Mariano yang juga mahasiswa semeseter VI Undana Bajawa, jurusan Administrasi Negara.

Ketua GMNI Cabang Ngada Benediktus Tengka dalam orasi politiknya di hadapan peserta dan undangan membentang sejarah pergerakan pemuda di tanah air. Menurut dia, Kehadiran pemuda di republik ini tidak terpisahkan dari sejarah perjalanan bangsa. Tahun 1908 ditandai dengan lahirnya Budi Oetomo, tahun 1928 sumpah pemuda, 1945 pemuda menculik Bung Karno guna memproklamirkan kemardekaan RI, dan 1998 perjuangan pemuda yang paling spektakuler adalah pmenumbangkan rezim orde baru yang ditandai dengan lengser presiden soeharto dari kursi kepresidenan.

“Pada saat itu negara Indonesi memasuki era baru yakni reformasi yang kita nikmati sampai saat ini. Era Reformasi yang kita nikmati saat ini, berkat perjuangan kaum muda dan mahasiswa, sehingga ada banyak rekan-rekan kita yang gugur di medan aksi 1998," papar Beni Tengka.

Beni yang juga  mahasiswa semester VIII (delapan) Undana Bajawa ini mengatakan, terhadap segala sesuatu yang merugikan kepentingan rakyat banyak, kaum mudah mahasiswa harus berani berada pada garis depan untuk memperjuangkannya. Menurut dia, penguasa kerap kali melegalkan segala kekuasaannya apabila kekuatan civil society  (masyarakat sipil) lemah.
 
Anggota GMNI suatu ketika melakukan aksi ke DPRD Ngada
Beni juga menyoroti lagi kasus OTT yang menimpa Bupati Ngada non aktif Marianus Sae beberapa waktu lalu, yang dinilainya sebagai gambaran lemahnya fungsi legislatif di daerah ini dalam melakukan kontrol dan pengawasan. Lemahnya pengawasan juga terlihat pada lembaga yudikatif terutama polres Ngada dalam mendeteksi potensi korupsi.

Malah GMNI sebagaimana dikemukakan Beni mensinyalir telah terjadi perselingkuhan kepentingan antar tiga lembaga di Ngada yakni: eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Karena, kata dia lagi, jika selama ini Polres dan Kejaksaan Negeri Ngada tegas dalam penanganan kasus korupsi pasti tidak sampai terjadi OTT terhadap Bupati Ngada non aktif itu.

Semantara itu Staf Ahli Bupati Ngada Paulinus Sidhu dalam sambutannya mewakili pelaksana tugas (Plt) Bupati Ngada paulus Soliwoa saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, mahasiswa mesti bergabung dalam organisasi kemahasiwaan, baik yang intra kampus maupun ekstra kampus seperti GMNI. Melalui organisasi dapat melatih dan menempah diri agar menjadi calon pemimpin masa depan bangsa yang memiliki kapasitas intelektual dan berkarakter transformatif.

Mentan kepala dinas perbubungan ini juga, meminta mahasiswa yang tergabung dalam GMNI harus berani memberikan kritikan terhadap pemerintah. "Kritik terhadap proses pembangunan di Ngada berarti GMNI Cabang Ngada ikut dan ambil bagiam dalam proses pembangunan yang berkualitas di Ngada," kata Linus Sidhu.

Di bagian lain dua calon anggota baru GMNI Cabang Ngada masing-masing Maria Fransiska Gae da Ferianus Nanga memberi apresiasi atas kegiatan PPAB/LKTD yang dinilai memberi manfaat dalam membentuk kader yang berkualitas.

Maria Fransiska Gae yang juga mahasiswi semester II Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekrasi (PJKR) STKIP Citra Bakti Ngada, menuturkan pilihan  di organisasi GMNI bukan kebetulan belaka, tetapi ada roh marhaen yang menggeraknya agar bergabung dengan organisasi ini. "Karena setiap proses yang dilewati bakal membesarkan kami," tambah Ferianus.

Kegiatan PPAB/LKTD GMNI Cabang Ngada juga dihadiri oleh alumi GMNI Theobaldus Keo, alumni PMKRI Yohanes Donbosko Ponong, dan puluhan anggota aktif GMNI Ngada. (ydp)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :