Vigonews

Miliki Puskesmas, Warga Benteng Tawa Raya 'Tersenyum'

Sekda Ngada Meda Moses bersama sejumlah pimpinan SKPD hadir di tengah warga Benteng Tawa Raya meresmikan Puskesmas Lindi -  

RIUNG BARAT, vigonews.com – Warga Benteng Tawa Raya, Riung Barat boleh tersenyum. Pelayanan kesehatan di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Nggarai Timur itu tak perlu jauh-jauh ke puskesmas pusat di Maronggela. Apalagi menuju pusat kecamatan Riung Barat di Maronggela harus berputar melewati empat kecamatan.

Sekda Ngada, Meda Moses meresmikan Puskesmas Lindi itu, Selasa (13/02/2018). Peresmian puskesmas yang terletak di Desa Benteng Tawa itu ditandai dengan gunting pita dan pembacaan naskah peresmian, dan surat ijin operasional pelayanan puskesmas. Meda Moses juga menyerahkan mobil almbulance dan mengukuhkan pelaksana tugas (Plt) Kepala Puskesmas Lindi, Thomas Aquino Seno Mari.

Pada kesempatan itu, Meda Moses mengatakan, kehadiran puskesmas Lindi menjawabi kebutuhan masyarakat Benteng Tawa Raya di sektor kesehatan. Puskesmas ini dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang pelayanan kesehatan.

"Oleh karena itu, pelayanan kesehatan nanti, harus membuat masyarakat di sini Lindi tersenyum. Gedung boleh megah, tetapi kalau pelayanan kurang ramah, maka bisa membuat pasien tambah sakit," kata Meda Moses.
 

Penyerahan SK Plt.Kapus Lindi oleh Sekda Ngada Drs.Meda moses (kiri), kepada Plt.Kapus Lindi yang baru Thomas Aquino Seno Mari,S.Km (kanan), disaksikan oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada Agustinus Naru.

Sementara pada laporan panitia Dinkes Ngada yang disampaikan Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Agung  Artanaya menjelaskan bahwa, pelayanan di puskesmas ini meliputi masyarakat Benteng Tawa Raya yang terdiri dari dua Desa induk (Desa Benteng Tawa dan Benteng Tawa 1) serta empat desa persiapan yaitu Desa Persiapan Benteng Tawa II, Desa persiapan Benteng Tawa III, Desa Persiapan Benteng Tawa IV, dan Desa persiapan Benteng Tawa V.

"Selama ini masyarakat Benteng Tawa Raya benar-benar merasakan kesulitan akses mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Maronggela, karena harus melewati tiga puskesmas baru tiba di puskesmas Maronggela" kata Kabid P2P Agung Artanaya.

Plt. Kapus Lindi Thomas Aquino Seno Mari mengatakan, dirinya bersama jajaran petugas kesehatan di puskesmas Lindi akan melakukan kerja sama, komunikasi, dan kordinasi bersama semua komponen yang ada di wilayah Benteng Tawa Raya.
"Tentunya, hal yang saya lakukan pertama-tama adalah membangun kerja sama dan kordinasi bersama semua unsur yang ada di wilayah Benteng Tawa Raya," tutur Thomas Aquino Mari.

Di bagian lain, Kepala Desa Benteng Tawa I Yoseph Panas Lewa ketika dimintai komentarnya memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Ngada yang telah menghadirkan pembangunan puskesmas di Lindi guna mendekatkan pelayanan bagi masyarakat di wilayah Benteng Tawa Raya.  Ke depan, kata dia, perencanaan penggunaan dana desa keberpihakan anggaran desa juga akan prioritas bidang kesehatan, seperti pengembangan tenaga kesehatan desa, PHBS terintegrasi, dan Pos bindu di desa.

"Sebagai Kades, saya memberikan apresiasi kepada pemda bersama DPRD Ngada yang telah melahirkan kebijakan anggaran Pembangunan puskesmas Lind guna mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Benteng Tawa Raya" pinta Jose.

Momen peresmian Puskesmas Lindi ini dihadiri oleh Assisten II Setda Ngada Hironimus Reba Watu, Kepala Dinas Kesehatan Agustinus Kila Naru, Sekdinkes Yak.Yosep Mawo, kepala Dinas industri dan Energi Antonius Jawa, Kepala Dinas Kominfio Anastasi Moi, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Emanuel Kora, Kepala Badan Inspektorat Paulus Gono, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Getrudis Lali, Kepala Bagian Umum Kosmas Damianus Tagu, Kepala Bagian Hukum Yohanes Gae, Kepala Bagian Humas Martinus Penga, Mentor Dinkes Ngada Yohanes Donbosko Ponong, Kepala Desa Benteng Tawa I Yoseph Panas, Penjabat Kepala Desa Benteng Tawa Darius Tuju, para kapus sekabupaten Ngada, semua petugas kesehatan, dan warga masyarakat seBenteng Tawa Raya. (AL)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :