Vigonews

Jalin Kebersamaan, Spensa Bajawa – SDN Mojongange Gelar Perjusami

Siswa SMPN 1 Bajawa dan SDN Mojongange belajar bersama -  

BAJAWA, vigonews.com – Pramuka Gudep SMPN 1 Bajawa bersinergis dengan Gudep SDN Mojongange menyelenggarakan Perkemahan Jumat,Sabtu, Minggu (Perjusami) 23 – 25 Februari di Desa Persiapan Wolokoro, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Perkemahan merupakan salah satu satu kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan secara out door. Melalui kegiatan perkemahan siswa dilatih hidup bersama bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan kemah atau tenda sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan.

Di SMPN 1 Bajawa, kegiatan Pramuka menjadi salah satu ekskul yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Melalui kegiatan Perjusami, siswa dapat melatih dan meningkatkan kemandirian dan kedisiplinan; menanamkan jiwa kepramukaan; sehingga semakin kreatif, inofatif, dan inisiatif.
 
Persiapan apel pembukaan perjusami
Pembina Gudep Spensa, Yasinta Wua dalam arahannya saat apel pembuka Perjusami mengatakan, bahwa perkemahan kali ini sangat special. Anggota penggalang SMPN 1 Belajar bersama dengan Pramuka Siaga Gudep SD Mojongange pada perkemahan yang berlangsung tiga hari itu. “Saya berharap penggalang Gudep SMPN 1 Bajawa dapat membimbing adik-adik  pramuka siaga SD Mojongange,” pinta Yasinta.

Sementara, Yolenta Kigo,  pendamping pramuka SDN Mojongange sangat senang dengan kegiatan dan kehadiran Gudep Spensa dalam kerja sama ini. Lebih jauh Yolenta menyampaikan rasa syukurnya bahwa adik-adik pramuka siaga bisa mendaptkan ketrampilan pramuka dan lain-lain.

Hal senada juga disampaikan Jordi Paju Anggota Gudep SD Mojongange. “Kami senang karena kami bisa belajar bersama dengan kakak-kakak penggalang dari Gudep Spensa Bajawa,” kesan Paju.
 
Belajar besama
Pada perjusami tahun ini, Gudep Spensa Bajawa menurunkan 5 Regu. Diantaranya 3 regu putri dan 2 regu putra. Dari Gudep SDN Mojongange sebanyak 2 Regu, putra dan putri.

Ketua Panitia Perjusami Spensa, Hendrikus Wou, mengatakan, perkemahan kali ini  mengusung tema Pramuka Pertanian dan Pariwisata dimana Pramuka gudep spensa bersama Gudep SDN Mojongange menjalankan sejumlah kegiatan sejak hari jumat yakni Penjelajahan Lokasi Pertanian Holtikultura, pola tanam dalam polibek, informasi pariwisata, penjelajahan wisata alam megalith Ture. (Ss)

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :