Vigonews

SMAK St. Fransiskus Xaverius Boawae Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

SMAK St. Fransiskus Xaverius Boawae adalakn melatihan jurnaslitik dan debat -   

BOAWAE, vigonews.com - Setelah gelar kelas inspirasi menulis, Selasa (23/01/2018) yang lalu, belum sepekan, SMAK St. Fransiskus Xaverius (SMAFIX) Boawae lanjut menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik, Sabtu (27/01/2018). Pelatihan yang diikuti 20 siswa berlangsung  di ruang pelatihan SMAFIX Boawae.

Baca juga: SMAK Fransiskus Xaverius Boawae Buka Ekskul Jurnalistik & Debat

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari rencana membuka ekstra kurikuler jurnalistik dan debat di sekolah itu, sebagaimana dikemukakan Kepala SMAFIX Bruno Kewo dan Humas Yusuf  Namo. Gawe ini bekerja sama dengan Rumah Literasi Cermat (LRC) yang konsern dengan kampanye literasi bagi publik.

Pelatihan jurnalistik dan debat dibuka oleh Kepsek Bruno Kewo. Dia berharap siswa mengikuti serius pelatihan ini guna mendukung kegiatan ekskul jurnalistik dan debat yang sudah dimulai di sekolah itu.
 
Proses menulis
Sementara, tuan Rumah Literasi Cermat, Emanuel Djomba, mengatakan kegiatan jurnalistik di sekolah tidak sekedar membantu siswa mengembangkan minat dan bakat, tetapi juga melatih siswa untuk memiliki kemampuan intelektual yang baik, kritis, analitis dan mampu berfikir sistematis.

Kegiatan di sekolah dapat menjadi wahana bagi siswa  untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa; memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawab pribadi dan sosial siswamenciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan; menumbuhkan kultur intelektual dan memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.

Tuan Rumah Literasi (RLC) yang juga pemimpin Redaksi media pendidikan dan literasi Cermat, Emanuel Djomba,  mengawali kegiatan pelatihan dengan menyampaikan materi dasa-dasar jurnalistik. Selanjutnya memberi tips kepada 20 peserta tentang menulis berita, menulis opini dan teknik melakukan reportase.
 
Para siswa peserta pelatihan
Djomba mendampingi para siswa dalam menulis berita yang baik dan menulis opini. Setelah itu siswa terjun ke lapangan untuk latihan reportase.

Sesi kedua dilanjutkan dengan materi debat yang disampaikan crew RLC Don Bosco Ponong. Tip-tips teknik debat dikemukakan Don Bosco dengan lugas, yang mengantar siswa pada simulasi debat.(ch)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :