Vigonews

SMAK Fransiskus Xaverius Boawae Buka Ekskul Jurnalistik & Debat

SMAK Fransiskus Xaverius Boawae - Rumah Literasi Cermat sepakat kerjasama bidang literasi melalui kegiatan ekskul Jurnalistik dan debat -  

BOAWAE, vigonews.com – SMAK St. Fransiskus Xaverius Boawae kini mulai buka kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik dan Debat di sekolah itu. Hal itu dikemukakan Kepala SMAK Frans, Bruno Kewo ketika menerima Tuan Rumah Literasi Cermat, Emanuel Djomba  di Boawae, Jumat (20/01/2018).

Diterima di sekolah itu, bagi Tuan Rumah Literasi Cermat Emanuel Djomba yang datang bersama Bonefasius Zanda – guru SMAK Regina Pacis – menjadi momentum mengenang kembali masa-masa dirinya dididik di lembaga yang lebih dari 25 tahun lalu sebagai lembaga calon guru – Sekolah Pendidikan Guru (SPG).

Kepsek Frans, Bruno didampingi Humas sekolah itu, Yusuf Namo dan bagian kesiswaan Fransiskus Remba. Dalam diskusi santai itu sepakat  segera membuka ekskul jurnalistik dan debat. Dia berharap kerja sama dengan Rumah Literasi Cermat bisa menjadi awal yang baik untuk ikut mengembangkan karakter generasi muda melalui berbagai kegiatan ekskul, lebih khusus jurnalistik dan debat yang secara spesifik mengembangkan kultur intelektual di kalangan siswa sejak dini.

“Ini kerinduan kami sejak lama, hanya belum terwujud, apalagi setelah beranjang sana ke SMAK Regina Pacis Bajawa tahun lalu, kami melihat di sana semua siswa tertampung dalam kegiatan ekskul. Jadi tidak terjadi kekosongan kegiatan siswa,” tambah Yusuf.

Sementara menurut Tuan Rumah Literasi Cermat, Emanuel Djomba, kegiatan jurnalistik di sekolah, tidak sekedar membantu siswa mengembangkan minat dan bakat, tetapi juga melatih siswa untuk memiliki kemampuan intelektual yang baik, kritis, analitis dan mampu berfikir sistematis.

Seperti halnya jurnalistik, kata dia, ekskul Debat yang juga akan diprogramkan mulai tahun ini merupakan kategori ekskul yang berupaya mengembangkan potensi siswa dalam mengasah kemampuan intelektual dan berpikir kritis, serta kemampuan berbicara secara teratur dan sistematis.

Jadi, ada dua aspek yang dibidik oleh pengelola sekolah ini dalam membuka ekskul, yang satu menyentuh olah pikir, kemampuan berbicara dan menulis sementara yang lain seperti ekskul olahraga mengolah fisik yang kuat, serta mengolah seni dengan rasa melalui ekskul bidang kesenian.
 
Diskusi di SMAK Fransiskus Xaverius, Boawae - bersama Emanuel Djomba (Kanan), Bruno Kewo, Fransiskus Remba dan Yusuf Namo.
Setelah melakukan studi banding ke SMAK Regina Pacis Bajawa tahun lalu, SMAK Frans sudah mengembangkan sejumlah kegiatan ekskul. Bidang olahraga (fisik) ada ekskul voli, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja dan atletik. Sementara bidang seni ada paduan suara dan band.

Kini SMAK Frans membuka dua ekskul lagi yang lebih menukik pada olah pikir dan kemampuan linguistis seperti Jurnalistik untuk kegiatan tulis menulis dan debat mengembangkan kemampuan berargumen  – melalui medium bahasa yang menutut kemampuan berbahasa yang baik.

Dunia jurnalistik (tulis menulis) dapat melatih siswa dalam menyalurkan pendapat dan pikiran para pelajar. Membantu siswa memahami mata pelajaran di kelas, dan melatih siswa tampil berani dan percaya diri. Dan, yang tidak kalah petingnya adalah siswa dibekali dengan life skill sebagai persiapan tingkat selanjutnya atau setelah terjun ke masyarakat.

Esensi Ekskul

Kegiatan ekskul di sekolah bertujuan untuk membantu perkembangan kemampuan siswa  sesuai kebutuhan, potensi, bakat dan minat siswa. Diasumsikan bahwa setiap siswa akan memiliki kebutuhan, potensi, bakat dan minat yang berbeda. 

Oleh sebab itu siswa boleh memilih kegiatan apa yang cocok dengan dirinya. Namun demikian, sekolah perlu menjaring  kebutuhan siswa tersebut sehingga sekolah bisa menentukan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah.

Karena itu manfaat kegiatan ekskul sebagai wadah  untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa; memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawab pribadi dan sosial siswa; menciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan; dan memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.(DBP)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :