Vigonews

Dukung ‘Go Organic’ GITA DESA Diluncurkan!

Wabup Ngada Paulus Soliwoa meluncurkan Majalah GITA DESA, bekerja sama dengan Rumah Literasi Cermat Ngada dalam mendukung program Go Organik dan Desa - 

BAJAWA, vigonews.com – Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Pertanian Kabupaten Ngada bekerja sama dengan Rumah Literasi Cermat Ngada, Senin (08/01/2018) meluncurkan media penyuluhan dengan nama GITA DESA. Majalah ini akan menjadi wahana edukasi kepada masyarakat guna mendukung program Ngada Menuju Kabupaten berbasis pertanian Organik.

Peluncuran Majalah GITA DESA ditandai dengan meluncurkan balon ke udara di halaman Kantor Bupati Ngada dalam suasana apel perdana tahun baru 2018. Kepala Dinas Pertanian Paskalis Wale Bai membacakan berita acara peluncuran media desa itu sebelum Wabup Soliwoa melepaskan balon ke udara.

Peluncuran itu dilaksanakan bersamaan dengan gelar apel perdana 2018. Apel yang dipimpin Wakil Bupati Ngada Paulus Soliwoa itu memiliki arti penting memasuki 2018, antara lain Wabup Soliwoa minta tahun baru mengobarkan semangat baru dalam bekerja demi Ngada yang lebih baik.

Program pertanian melalui Go Organic sudah duluncurkan Oktober tahun 2017 lalu oleh Wakil Bupati Ngada, Paulus Soliwoa. Untuk mengimplementasikan program ini mulai tahun 2018, akhir tahun 2017 lalu sudah digelar work shop berbagai stakeholder terkait dengan menghasilkan tujuh rencana aksi.

Guna menyukses program Go Organic, kata Wabu Soliwoa dalam arahannya, perlu dukungan media yang secara rutin dan terus-menerus memberi informasi kepada masyarakat. Bahkan kata Wabup, media yang diluncurkan ini bukan sekedar memberi informasi tetapi juga fungsi edukasi, di mana melalui berbagai rubrik memberikan gambaran yang jelas dan mendalam dalam memberi pemahaman, pengetahuan hingga mengaplikasikan program Go Organic di tingkat bawah secara terang benderang.
 
Jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Ngada bersama Wabup Paulus Soliwoa dan Sekda Meda Moses usai peluncuran Majalah GITA DESA
Usai peluncuran majalah, Wabup memberi pengarahan yang dihadiri pimpinan SKPD, para Camat dan para Kepala Desa se-Kabupaten Ngada. Dia berharap para camat, kepala desa agar mendukung program Go Organic termasuk media pendukung yang bertujuan mengampanyekan program ini ke berbagai lapisan.

Melalui media ini, tambah Wabup Soliwoa masyarakat mendapat informasi, diedukasi dan pelaksanaan program juga bisa dikawal dan hasilnya pun terukur. Usai pengarahan sejumlah kepala desa menyatakan siap mendukung dan langsung memesan majalah GITA DESA mulai edisi Februari, di antaranya Kepala Desa Kila Wihelmus Petrus Pati, Kepala Desa Piga Hemwigis  Petrus Mawo Wio, dan Kepala Desa Nginamanu Yohanes Don Bosko Lemba.

Sementara, Kadis BPMD P3A, Johanes C. Watu Ngebu yang hadir saat peluncuran menyambut baik peluncuran media ini. Dia berharap media ini akan mampu mengartikulasikan berbagai informasi dan ruang edukasi kepada masyarakat guna menyukseskan program pembangunan khusus di Desa. Karena itu, program inovasi desa yang kini sudah mulai berjalan juga akan dipublikasikan melalui media untuk desa ini.

Pada peluncuran ini didukung penuh Dinas Pertanian Kabupaten Ngada yang hadir, Kadis Pertanian Paskalis Wale Bai, Sekdin Pertanian Hubert Jelalu, Kabid TPH Ermelinda Moi, Kabid Perkebunan Stanislaus Fernandes, Kabid SDM/Sarpras Matilde Mite dan seluruh jajaran Dinas Pertanian. Hadir pula Tuan Rumah Literasi Cermat Emanuel Djomba. (Uslan)***


Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :